Pj Walikota Tebingtinggi Sidak Pelayanan Disdukcapil dan Mall Pelayanan Publik

Suaralira.com, Tebingtinggi (Sumut) -- Penjabat (Pj) Walikota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi SSos MTP melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke dua unit pelayanan publik yang berhubungan langsung kepada masyarakat, yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Mall Pelayanan Publik (MPP), Selasa (27/9/2022).
 
Pj Walikota Muhammad Dimiyathi menjelaskan, bahwa sidak ini dilakukan untuk melihat langsung bagaimana pelayanan publik yang diberikan oleh kedua institusi ini.
 
Saat melakukan sidak di Disdukcapil, Dimiyathi mengungkapkan bahwa pelayanan di Disdukcapil sudah berjalan dengan ketentuan yang berlaku. Namun, masih terdapat kendala terkait dengan server pusat sehingga menimbulkan perlambatan pada proses pencetakan dokumen.
 
"Yang sifatnya cetak-cetak ulang masih bisa berjalan, namun mungkin tadi yang sifatnya update ataupun perubahan data penduduk, ini yang mengalami kendala, walaupun masih bisa input, tetapi tidak bisa langsung keluar data terbarunya. Yang biasanya sekitar 10 menit bisa keluar, saat ini masyarakat harus menunggu, dan saya rasa itu tidak menjadi kendala, Kemendagri tentunya akan cepat mengatasi masalah ini," ungkapnya.
 
Terkait Sidak di Mall Pelayanan Publik, Dimiyathi juga menjelaskan bahwa pelayanan berlangsung dengan baik. Dijelaskan Dimiyathi, sidak ke MPP juga turut dilakukan karena MPP merupakan salah satu ikon Kota Tebingtinggi yang melakukan pelayanan publik baik hal perizinan maupun non perizinan.
 
"Ini juga kita melakukan sidak, karena ini salah satu ikon Kota Tebingtinggi. Jadi kita tadi cek ke MPP ini, masih berjalan dengan baik, gerai-gerainya masih terbuka untuk melayani, dan kita cek tadi sampai jam 11.00 Wib, jumlah pengunjung sudah diatas 75 orang, dan ini terus bertambah, kita lihat masih ada yang menunggu dalam antrian untuk mendapatkan pelayanan," jelasnya.
 
Menurutnya, pelayanan terbanyak masih didominasi oleh BPJS dan Disdukcapil, disusul gerai Samsat untuk pelayanan Pajak Kenderaan Bermotor. 
 
"Saya kira ini sudah berjalan dengan baik, dan kami minta nanti kepada Kadis yang menangani kedua palayanan publik ini, bisa berjalan dengan baik dan pelayanan lebih ditingkatkan lagi," tutup Pj.Walikota Muhammad Dimiyathi. (Gabe/sl)