Tim Gugus Tugas Berikan Vaksinasi Hewan Ternak Agar Tidak Terpapar PMK

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Belum ada tanda tanda adanya PMK pada hewan ternak seperti sapi dan kambing di wilayah binaan akan tetapi sosialisasi terus dipantau dan dilakukan agar dampak tersebut dapat di detekni dini. 
 
Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa barangan Sertu Rahmansyah meninjau diwarga binaanya terhadap hewan ternak masyarakat yakni Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah mewabah dan menyerang sejumlah hewan ternak sapi maupun kambing di berbagai daerah.
 
Kepada suarakira.com menyampaikan alhamdulillah sampai saat ini diwilayah desa barangan Kecamatan rengat barat kabupaten Indragiri hulu belum ditemukan adanya kasus hewan ternak yang terpapar penyakit mulut dan kuku. 
 
“Saat ini telah dilaksanakan Vaksinasi hewan ternak secara bergilir di beberapa desa wilayah kecamatan rengat barat oleh Tim gugus tugas  penanganan PMK  kec rengat barat guna mencegah penularan dan penyebaran wabah PMK di beberapa desa  dan khususnya Kecamatan Rengat barat”, paparnya.
 
Tak hanya mendampingi, peran Babinsa yang terjun langsung di lapangan juga  mendata berapa jumlah hewan ternak yang ada. Pendataan seperti jumlah total ternak, berapa yang sudah tervaksin, berapa yang terjangkit PMK kalau ada dan berapa yang sembuh untuk bahan laporan ke Komando atas, "jelasnya".
 
Kepada warga agar senantiasa menjaga kebersihan kandang ternaknya. Salah satunya dengan menyemprotkan cairan disinfektan agar hewan ternak warga terhindar dari PMK.
 
Sementara itu dari tim gugus tugas  menyampaikan kepada warga, bahwa program Vaksinasi hewan ternak yang dilaksanakan oleh tim gugus tugas kecamatan rengat barat  bertujuan agar hewan ternak milik warga tidak terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
 
jaga kebersihan kandang dan ternaknya. Sesering mungkin melakukan pembersihan kotoran sapi dan menyemprotkan disinfektan.
 
Juga Selalu berikan suplemen maupun obat-obatan hewan bila ada sapi yang terindikasi sakit. Wabah PMK pada sapi dan binatang ternak lainnya dapat ditangani dengan cepat, yang terpenting pemilik ternak harus cepat melaporkan ke pihak terkait, bila ada hewan ternaknya sakit. Ini upaya kita bersama agar penyebaran PMK tidak ada diwilayah Kecamatan rengat barat, ”pesan gugus tugas. (P4as/sl)