Forum Diskusi Terpadu Bersama Tim Ahli Cagar Budaya Rokan Hulu

Suaralira.com, Rokan Hulu (Riau) -- Dinas Kebudayaan Propinsi Riau melalui pihak ketiga PT AMYTHAS Melakukan Diskusi Tentang Rencana Induk pelestarian Makam Raja Rambah Kabupaten Rokan Hulu. 
 
Ada pun acara tersebut dilaksanakan pada Kamis, 27 Oktober 2022. Bertempat di Aula Pertemuan Dinas PERKIM Kab Rokan Hulu. Acara tersebut dimulai pukul 10.00 wib setelah tim ahli berkunjung dari makam kerajaan Rambah tersebut di mulai dengan sambutan Kepala Dinas PERKIM ROKAN HULU Bapak T HERRY ISLAMI ST MT.
 
Hadir sebagai Nara Sumber Pada Acara Tersebut antara lain :
1. Marsis Sutopo selaku Tim Ahli Cagar Budaya Nasional.
2. Edi Teihayantoro juga selaku tim ahli cagar budaya Nasional.
3. Rosadi Hadi selaku tim ahli Geodesi.
4. Sahanty selaku tim ahli Arkeologi.
 
Sementara itu dari Dinas Kebudayaan Propinsi Riau di hadiri oleh Zulikram Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan. Selain itu juga hadir Kadis Perhubungn Kab Rokan Hulu. Dan Sekretaris dinas Pariwisata Kab Rokan Hulu. Juga diskusi tersebut di hadiri Tokoh LKA Luhak Rambah, tokoh adat, tokoh masyarakat, Karang taruna dan anak kemenakan pihak Raja Rambah.
 
Adapun sasaran dari acara tersebut menjadi modal bagi Luhak Rambah untuk membangkitkan kembali sejarah kerajaan rambah yang pernah berjaya dimasanya, sehingga menjadi bakal cikal Kab Rokan Hulu.
 
Di akhir diskusi semua pihak berharap sejarah kerajaan rambah dan kerajaan lain nya di Kabupaten Rokan Hulu akan menjadi situs cagar budaya tingkat Nasional, sehingga menjadi objek wisata Nasional di Kabupaten Rokan Hulu yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. (Darbi/sl)