Kodim 0302/Inhu Giat Komsos dan Bela Negara Serta Pembinaan Komunitas

Suaralira.com, Inhu (Riau) -- Untuk memperkuat sinergitas dengan Komponen Bangsa lainnya, Kodim 0302 /Inhu menggelar Komunikasi Sosial kreatif (Pembinaan) dengan Para Komunitas yang ada diwilayah Indragiri Hulu dengan tema “Generasi muda sebagai wirausaha milenial inovasi Berwawasan kebangsaan"
di Aula Makodim 0302 /Inhu Kamis  (10/11/2022).
 
Komsos yang diselenggarakan oleh Staf Teritorial ini bertema “Menjaga Keutuhan Dan Kemajuan Bangsa Dalam Bingkai NKRl” dengan melibatkan berbagai Komunitas yakni para anggota dan  nurdin perwakilan BPBD dan suci Maria dari Menwa beserta guslim tokoh masyarakat
 
Kegiatan ini di buka langsung oleh Pasi ter kodim 0302 /Inhu Kapten Inf Aplison. Dalam pidatonya Pasiter mengatakan bahwa melalui wahana Komsos ini kiranya dapat membangun silaturahmi dan koordinasi sebagai langkah nyata dalam upaya menjaga keutuhan wilayah NKRl dan menangkal berbagai bentuk radikalisme maupun separatisme, "katanya.
 
“Komsos ini merupakan metode Kodim 0302 /Inhu sebagai Satuan Teritorial guna mencapai kesepahaman dan kesamaan persepsi dengan berbagai Komunitas ataupun komponen bangsa lainnya sebagai wujud partisipasi dalam pemberdayaan wilayah pertahanan negara aspek darat”, terang pasiter.
 
Kapten Inf Aplison menegaskan, kegiatan ini memiliki arti yang sangat penting sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan jalinan silaturahmi yang lebih harmonis. Disamping mewujudkan rasa Cinta Tanah Air, juga untuk meningkatkan pemahaman terkait Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.
 
“Melalui ajang ini setidaknya bisa menjadi sarana efektif dan efisien dalam memelihara sekaligus meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis dua arah, sehingga dapat diperoleh kesamaan pandang dalam memahami setiap dinamika permasalahan Bangsa yang semakin komplit dan komplek”, ungkapnya.
 
Diakhir pidatonya, Kapten Inf Aplison mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada segenap komunitas yang ada. Sebab, selama ini para Komunitas telah memberikan sumbangsih tenaga maupun pikirannya dalam merealisasikan tugas – tugas pokok Kodim 0302 /Inhu, "tambahnya.
 
Selain itu pemaparan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang disampaikan oleh lettu inf Diwar Asman  Danramil 03/Seberida dihadapan peserta yang hadir diantaranya anggota juga nurdin perwakilan BPBD dan suci Maria dari Menwa  beserta guslim tokoh masyarakat Turut diberikan pemaparan tentang Bela Negara.
 
Disampaikan oleh Lettu Diwar Bela negara adalah bagaimana generasi penerus cita-cita bangsa dapat menjadi contoh baik dengan selalu mematuhi segala aturan negara sesuai dengan undang-undangkan, contoh bela negara untuk anak muda jangan bergaul membuat komunitas, geng-geng seperti geng motor yang aktifitas kegiatannya condong negatif yang mencerminkan buruknya sikap dan mental genersi muda di mata bangsa," kata Komandan Danramil 03/seberida dalam nasehatnya. Jadi Bela negara tidak serta merta dan identik dengan angkat senjata, "tutur Lettu Diwar. (P4as/sl)