Babinsa Pantau Kesehatan Ternak Warga Agar Tidak Merugi

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Untuk menjaga kesehatan hewan terutama Sapi di wilayah Binaan Babinsa Koramil 01/Rengat Serka Surwaidi pantau kondisi ternak warga agar terhindar dari wabah PMK penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.
 
Hal ini di lakukan Babinsa Koramil 01/Rengat, merupakan upaya untuk mencegah supaya jangan sampai terjadi PMK pada hewan peliharaan warga binaannya. Sabtu (21/01/2023).
 
Berdasarkan Instruksi dan arahan Danramil 01/Rengat Kapten Inf Ardiyasman kepada Babinsa Koramil 01/Rengat yang ada di setiap wilayah binaan supaya turun langsung memantau kondisi kesehatan hewan ternak sapi milik warga di sejumlah peternakan warga yang ada di wilayah binaan masing-masing.
 
"Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus PMK di wilayah binaan masing-masing Babinsa, di harapkan juga pada warga  supaya selalu memperhatikan gejala hewan yang terjangkit virus PMK agar supaya tidak menular ke Hewan yang lain. 
 
"Oleh karenanya Babinsa juga mengajak warga untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan tetap memperhatikan kesehatan hewan ternaknya, dan tak kalah pentingnya pengawasan terhadap hewan  ternak milik warga lain masuk ke Desa binaan.
 
"Mengingatkan lagi kepada warga yang mendapati gejala ternaknya seperti gejala adanya air liur berlebihan, lepuh (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah), dan gejala lainnya, agar segera melaporkan ke petugas atau ke Babinsa supaya dapat di ambil tindakan yang tepat.
 
Berdasarkan pantauan Babinsa dan petugas terkait, kondisi ternak sapi di willayah binaan Babinsa Serka Surwaidi sehat dan belum ditemukan gejala virus PMK. "Tutup Babinsa. (P4as/sl)