Wujudkan Bebas PMK, Babinsa Koramil 01/Rengat Selalu Pantau Ternak

Suaralira.com, Rengat - Koramil 01/Rengat melalui Babinsa turun lapangan dengan mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Hewan ternak  lakukan pemantauan dan pengecekan hewan ternak milik warga masyarakat di  Dusun Benosari Desa Kuantan Babu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Pada Senin 06 Februari 2023.
 
Babinsa Desa Kuantan Babu Serma Sumarno  melakukan monitoring serta Menyambangi langsung perkembangan situasi saat ini terkait dengan merebaknya PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) pada sapi dengan menyambangi langsung warga yang memiliki ternak sapi tersebut langsung di kandang sapi Milik Edi Siswantoro.
 
Babinsa Koramil 01/Rengat, Serma Sumarno pada saat melakukan komsos bersama peternak sapi,  Milik Edi Siswantoro warga Dusun Benosari, Berpesan kepada Peternak Sapi jangan takut dengan Penyakit PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku  )"ujarnya.
 
Karena penyakit tersebut bisa di Sembuhkan dan sudah banyak contoh sapi yang sembuh setelah di obati dan bagi sapi yang masih sehat jangan lupa untuk di vaksin PMK ( Penyakit  Mulut dan Kuku )"terang Babinsa.
 
Danramil 01/Rengat, Kapten Inf  Ardiyasman mengatakan, bahwa meskipun sampai sejauh ini masih terbilang Aman,  namun pemantauan dan monitoring tetap dilakukan. 
 
" Intinya, langkah antisipasi terus dilakukan untuk mencegah meluasnya PMK tersebut ke wilayah Koramil 01/Rengat dengan turun kedaerah-daerah binaannya masing-masing, " jelasnya. 
 
Bahkan,  lanjut Danramil lagi para Babinsa diwilayah akan langsung menyambangi warga yang memiliki ternak Sapi dengan tujuan mengecek langsung kondisi kesehatan dan kondisi kandang serta pakan yang diberikan
 
Kami berharap kepada setiap warga yang memiliki hewan ternak khususnya Sapi agar selalu memperhatikan kondisi kesehatan seluruh Hewan ternaknya pada saat ini, selalu menjaga kebersihan kandang dan kondisi pakan ternak. 
 
"Segera melapor apabila Hewan ternaknya ada memiliki gejala Penyakit Mulut dan Kuku kepada Pemerintahan Desa ataupun kepada para Babinsa,” pesan Ardiyasman. (P4as/sl)