Dandim 0302/Inhu Yang Diwakili Kasdim Mayor INF Kabul Menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kab Inhu

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Indragiri Hulu Pasca terbakarnya gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada senin 13/2/2023 untuk menggelar rapat paripurna terpaksa menumpang di aula salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Inhu.
 
Dengan agenda rapat paripurna DPRD Inhu dengan agenda penutupan masa sidang III tahun 2022 yang selanjutnya pembukaan masa sidang I tahun 2023 DPRD Inhu dan penyampaian hasil reses ke III 2022 dengan menumpang di aula kantor Disnaker Pemkab Inhu Senin (13/2/23).
 
Hadir pada acara tersebut selain dari Elda Suhanura SH,,MH, (Ketua DPRD Inhu) dan Pimpinan sidang Suwardi Ritonga Wakil Ketua II DPRD Inhu serta Masrullah Wakil Ketua DPRD Inhu juga Wakil Bupati Inhu Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si,Ir. H. Hendrizal, M.Si Sekda Kab. Inhu, Kapolres Inhu diwakili oleh  Kabag REN Polres Inhu Kompol Hendri, S.Sos, MH. ,Dandim 0302 Inhu diwakili Kasdim Mayor INF Kabul,Kepala Kejaksaan Negeri  Indragiri Hulu diwakili oleh Kasi Intel Arico Novi Saputra, SH,Kepala Pengadilan Negeri Rengat diwakili oleh Panitera Manidar, SH, MH,Kepala Pengadilan Agama Rengat diwakili oleh  Sekretaris Pengadilan Agama Rengat H. Mustaming, S.Sos,Dr. H. Darwison, MA ( Kepala Kemenag Kab. Inhu), H. Zamri ( Kepala Bandara Japura Rengat Kab. Inhu) ,Anggota DPRD Kab. Inhu (Jumlah 40 Org, Hadir 22 orang, Izin 2 org, yang tidak hadir 16 org),Para Asisten, Kepala OPD dan Camat dilingkungan Pemda Kab Inhu, Sekwan Kab Inhu Afrizal Dharma SE, Kepala BUMN dan BUMD Kepala Instansi vertikal. 
 
Rapat paripurna yang digelar di aula kantor Disnaker Inhu dipimpin Suwardi Ritonga Wakil Ketua II DPRD Inhu dengan didampingi Elda Suhanura Ketua DPRD Inhu dan Masrullah Wakil Ketua I DPRD Inhu serta dihadiri Junaidi Rachmat Wakil Bupati Inhu berjalan dengan lancar. 
 
"Dengan segala keterbatasan yang ada, tidak mengurangi hikmat dan subtansi jalanya Paripurna. Kesempatan tersebut Pimpinan juga sampaikan ucapan Terima kasih kepada Bupati Inhu yang telah memberikan fasilitas gedung untuk digelarnya paripurna ini hingga berjalan lancar di aula kantor Disnaker Inhu.
 
Disampaikan juga bahwa anggota DPRD yang turun mengumpulkan dan merangkum aspirasi masyarkat, tak hanya menerima aspirasi terkait pembangunan namun juga permasalahan lain seperti pelayanan publik selanjutnya dilakukan pembacaan dan penyerahan laporan hasil reses oleh perwakilan dapil.
 
Selain rapat paripurna terkait Penutupan masa sidang ke III tahun 2022 dan Pembukaan masa sidang ke I tahun 2023 sekaligus Penyampaian laporan hasil reses ke III tahun 2022, digelar pula Penyampaian program pembentukkann perda skala prioritas untuk tahun 2023 yang dibuka oleh wakil Ketua I Dprd Inhu, Masyrullah.
 
Sementara Ketua badan pembentukan peraturan daerah Indragiri hulu, Martimbang Simbolon juga menyampaikan ada 17 usulan Ranperda yang akan dibahas di tahun 2023 yakni ranperda pelaksanaan kewajiban tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, ranperda pesantren dan madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah, ranperda hasil pengelolaan kekayaan daerah, ranperda perubahan badan hukum perusahaan daerah Indragiri menjadi perusahaan Umum Daerah Indragiri, ranperda penanggulangan penyakit menular Inhu 2023-2028.
 
Tidak Hanya itu Martimbang juga menyampaikan, ranperda kawasan tanpa rokok, ranperda pajak daerah dan retribusi daerah, ranperda hari jadi kabupaten, ranperda tata ulang wilayah, ranperda penyelenggaraan ketenagakerjaan, ranperda perubahan badan hukum PDAM Tirta Indra menjadi Perusahaan Umum daerah Tirta indra, ranperda pencabutan Perda Inhu terkait penguasaan tambang mineral dan batu bara.
 
Ada beberapa ranperda Perda Inhu akan dicabut terkait ketenagalistrikan, ranperda perubahan perda terkait pembentukan dan susunan perangkat daerah, ranperda pertanggung jawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2022, ranperda perubahan anggaran belanja dan pendapatan daerah Tahun 2023, ranperda anggaran belanja dan pendapatan tahun 2023.
 
Ranperda ini sudah dibahas di tahun 2022 namun akan dilanjutkan di tahun 2023, seperti ranperda hari jadi kabupaten, ranperda tata ulang wilayah, ranperda penyelenggaraan ketenagakerjaan, ranperda perubahan badan hukum PDAM Tirta Indra menjadi Perusahaan Umum daerah Tirta indra.
 
Sementara itu, wakil Bupati Indragiri Hulu, Junaidi Rachmat dalam sambutan mengatakan sangat mengapresiasi pembentukan badan pembentukan peraturan daerah yang dibentuk oleh DPRD Inhu. Beliau berharap sinergitas dan komunikasi antara Pemkab Inhu dan DPRD tetap terjalin dalam proses pembentukan ranperda tersebut, "Ucap Wabup. (P4ad/sl)