Semangat Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional Babinsa Bantu Petani Jagung

Suaralira.com,Rengat - Mewujudkan ketahan pangan Nasional Babinsa Kodim 0302/Inhu Koramil 01/Rengat, Serma Sumarno terjun langsung ke lapangan untuk ikut membantu warga  membersihkan rumput di kebun jagung milik Bapak Saiman di Desa Kuantan Babu, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Propinsi Riau, Kamis 08 Agustus 2024.
 
Di sela-sela kegiatan Rutin Babinsa selalu di sempatkan oleh Serma Sumarno untuk membantu petani di desa binaannya dalam pendampingan petani salah satu kegiatan dalam pendampingan adalah pembersihan rumput liar. 
 
Tumbuh mengitari tanaman jagung untuk itu area kebun harus rutin dibersihkan karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman jagung agar tumbuh dengan optimal" Kata Babinsa.
 
“Apabila rumput liar ataupun gulma di biarkan akan menghambat pertumbuhan jagung untuk itu Babinsa selalu memberikan arahan dan motivasi kepada petani agar secara optimal dalam merawat tanaman jagung agar mendapatkan hasil yang optimal pula,” tambahnya.
 
Bapak Saiman pemilik kebun jagung kepada suaralira.com disela sepa kerjanya  mengatakan,memang dengan bantuan dari Babinsa menambah semangatnya untuk bekerja"ujarnya.
 
Sebagai petani jagung dirinya mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah peduli dan meluangkan waktunya untuk membantu membersihkan kebun jagung saya,” katanya.
 
Ditempat terpisah Danramil 01/Rengat Kapten Inf Hamdeni Sitepu mengatakan "Inilah salah satu tugas tambahan yang di berikan oleh komando atas untuk selalu hadir dalam membantu petani. 
 
Guna untuk meningkatkan swasembada pangan di wilayah Kodim 0302/Indragiri Hulu serta menjadi bukti kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam meringankan beban masyarakat,” terang Danramil.
 
Dengan adanya keberadaan seorang Bintara Pembina Desa atau Babinsa bukan hanya berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasan.
 
“Melainkan tugas dan kewajiban tambahan bagi seorang Babinsa adalah menjaga ketahanan pangan di wilayah Binaannya,” tegas Danramil.(Pr4as.sl)