Dandim 0302/Inhu Diwakili Oleh Pasi Ops Kodim 0302/Inhu Menghadiri Rapat Persiapan Pembentukan Paskibraka Kab Inhu

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Untuk Keberhasilan keberhasilan dalam pelaksanaan Perayaan Ulang Tahun  Republik Indonesia dalam pengibaran Bendera Merah Putih nya dilapangan nantinya perlu persiapan matang. 
 
hari ini Kamis 23 februari 2023 dilaksanakan Rapat Persiapan Telah dilaksanakan Kegiatan *Pembentukan Paskibraka di Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2023 di Ruang Rapat Kantor Bakesbangpol Jln. Batu Canai Kel. Pematang Reba Kecamatan. Rengat Barat Kab. Inhu.
 
Hadir dalam Rapat tersebut Bambang Indramawan, S.STP, M.SP (Kaban Kesbangpol Kab. Inhu), Atan, SP
( Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kab. Inhu), Iptu Purwanto SE, (Paur Min Bag Ops Polres Inhu), Kapten Inf Bambang Kosasi Tarigan, (Pasi Ops Dim 0302/Inhu Mewakili Dandim 0302/Inhu ),Mahendra, S.Sos, MPA (Sekretaris Badan Kesbangpol Kab. Inhu), Fitri Susanti, S.Sos, MT,(Kabid Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Bakesbangpol Kab. Inhu) Lisna Jaya ( Mewakili Dinas Kesehatan Kab. Inhu) 
8. Lina Carolina, (Mewakili Dinas Kesehatan Kab. Inhu) ,Ziko Fransinata
( ITB-Indragiri) ,Rudi Hartono
( Purna Paskibraka Indonesia/PPI Kab. Inhu),Hendri Maizardi(Purna Paskibraka Indonesia/PPI Kab. Inhu)
 
Pada kesempatan tersebut yang Penyampaian dari Kaban Kesbangpol Kab. Inhu Bambang Indramawan, S.STP, M.SP. dijatanya bahwa sebenarnya awal Januari kemaren Persiapan dan tahapan ini kami lakukan, namun kami mendapatkan informasi untuk tahun ini seleksi Paskibraka berbeda dengan dengan sebelumnya. "Katanya.
 
Untuk tahun ini seleksi untuk paskibraka calon akan mendapatkan pada seleksinya melalui cara aplikasi dengan berbagai persyaratan yang akan diisi diantaranya terkair Raport, K3/kesehatan
 
Disini kita sudah berkoordinasi dengan pihak  Dispora Inhu dan pihak instansibterkait karena nantinya yang mengikuti seleksi terkait Kesehatan itu kita tetap berfikir, bahwa Peserta yang calon Paskibraka akan merasa keberatan dan pasti akan mengeluarkan biaya, "terangnya.
 
Sebagai informasi, Konsekuensi kalau ada daerah yang tidak ikut seleksi Paskibraka menggunakan aplikasi ini, maka dinyatakan tidak ada Paskibraka, dan Jadwal serta kegiatan itu sudah dari Pusat. 
 
Untuk itu kita telah menyediakan tenaga operatot yang telah disiapkan nanti akan diterangkan oleh operator kita bagaimana tata cara tentang aplikasi peserta calon Paskibraka melalui Aplikasi dari Bakesbangpol Inhu oleh Sumito.
 
Sementara pada rapat tersebut Penyampaian dari Pasi Ops Kodim 0302/Inhu Kapten Inf BK Tarigan mengatakan kalau calon paskibraka akan mendaftar melalui aplikasi kita tetap bisa menjalankanya. 
 
Namun untuk seleksi nantinya Kalau bisa anak anak kita yang ikut Tes Seleksi peserta Paskibraka jangan ada lagi di bebankan biaya yang harus dikeluarkan, "ucap Pasi ops. 
 
Kami dari TNI Mendukung dan ikut Mensukseskan Seleksi peserta Paskibraka Tahun 2023 dan untuk tes kesamaptaan ini, ada beberapa yang di tes yang akan kita uji nantinya. 
 
Untuk penerimaan calon paskibraka untuk tahun 2023 Pesan Mari sama-sama kita bersatu dan kita buat harum nama Kabupaten Indragiri Hulu, "pesan Bambang Kosasi. 
 
Penyampaian dari Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kab. Inhu Atan, SP. Menyampaikan mengenai Aplikasi tentang Peserta Calon Paskibraka dan Kami akan membuat SK Panitia Seleksi peserta Paskibraka. Jangan terlalu pusing dengan aplikasi ini yang perlu itu bekerjasama, "ujarnya.
 
Pemda Inhu selalu bekerjasama dengan TNI dan Polri dalam pelaksanaan Seleksi peserta Paskibraka di Setiap Tahun.Kami Dari Dispora Berpesan Kepada Kesbangpol Tunjuk dan Dampingi di Sekolah untuk menjadi Admin. 
 
Dan TNI dan Polri tetap akan melakukan Kesamaptaan untuk Seleksi Peserta Paskibraka walaupun Pendaftaran ini melalui aplikasi, tapi Kita tetap mendampingi ke Sekolah Sekolah. 
Semoga Kegiatan ini untuk seleksi Peserta Paskibraka untuk mendapatkan hasil yang maksimal, semoga calon peserta Paskibraka kita membawa nama baik Kabupaten Indragiri Hulu untuk Peserta Paskibraka tingkat Nasional, "tandasnya.
 
Sementara dari Dinas Kesehatan kina Carilina juga menyampaikan akan Menyurati Puskesmas yang ada di Kecamatan untuk memberitahukan bahwa akan di buka Seleksi Peserta Paskibraka. 
 
- Kalau untuk biaya anak kita yang ikut seleksi peserta Paskibraka diwajibkan Lampirkan BPJS, supaya tidak memberatkan bagi anak kita, "katanya.
 
Sebagai informasi bulan April ini seluruh masyarakat kita akan di masukan ke Aplikasi untuk terdaftar BPJS bagi yang belum memiliki BPJS melalui KTP, "tambahnya.
 
Selanjutnya Penyampaian dari Paur Min Bag Ops Polres Inhu Iptu Purwanto, SE.*
Dengan aplikasi ini terbilang baru dan Kami penasaran dengan sistem ini, kami apakah nunggu TIM kesehatan dulu atau TIM Seleksi, sementara untuk Syarat aplikasi, disitu ada tinggi maksimal dan Tinggi minimal dan tentunya dengan aplikasi ini Pasti Calon Peserta Paskibraka yang daftar membludak atau rame, "tuturnya.
 
Sebagai saran lanjut purwanto untuk nantinya turun ke Masing-masing Kecamatan berdasarkan Dapil, Biar mempermudah seleksi, "pesanya.
 
Dan berdasarkan keputusan rapat untuk  Pendaftaran secara administrasi, tidak boleh melakukan pendaftaran calon peserta Paskibraka di batasi dan seleksi ini bukan lulus tidak lulus tapi Rangking yang tentukan. Namun apabila dia tidak lulus di Nasional, akan tetapi tetap bisa di Pakai di Daerah atau Provinsi.
 
Dan untuk Administrasi masih secara umum, tidak ada yang sifatnya yang sangat berat tentang Parade, Nanti kita akan turun seperti biasanya kelapangan. 
Kita akan menyampaikan ke BPIP Pusat bahwa kami akan turun seleksi peserta Paskibraka berdasarkan Dapil dan seperti biasanya tidak ada perubahan. (P4as/sl)