Situasi Cuaca Sudah mulai Panas, Babinsa Terus Giatkan Patroli Karhutla ke Desa-desa

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu, Melaksanakan kegiatan Patroli dan Sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) rutin di Kecamatan Rengat Menyisir Lahan, Hutan dan Kebun milik Masyarakat di Desa Sungai Beringin Kecamatan Rengat.
 
Pada pukul 08.30 WIB anggota patroli gabungan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) meninjau lahan, hutan dan kebun milik masyarakat yang rawan terjadi kebakaran pada musim kemarau ini, Selasa (28/03/2023).
 
Memang dalam kesempatan patroli tersebut tidak ditemukan adanya titik api dan asap di lahan, hutan dan kebun di tanah milik masyarakat. Petugas patroli terus mensosialisasikan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat terkait karhutla.
 
“Hindari melakukan pembakaran lahan, hutan dan kebun pada musim kemarau yang akan mengakibatkan kebakaran”, jelas Babinsa.
 
“Kegiatan tim ini meliputi monitoring kawasan, sosialisasi, pencarian informasi dan pemetaan masalah, melakukan groundcheck hotspot apabila terdeteksi muncul hotspot, lakukan pemadaman dini jangan sampai api membesar,” sambungnya.
 
Dengan adanya kegiatan patroli dan posko terpadu pencegahan karhutla diharapkan upaya pencegahan karhutla di tingkat tapak yang melibatkan multistakeholder akan semakin sinergis.
 
Upaya terpadu dimaksud perlu memperhatikan kearifan lokal masyarakat dan secara bertahap mencari solusi bagi pembakar hutan dan lahan yang bermotif ekonomi, "tutupnya. (P4as/sl)