Tak Ingin Terdampak PMK, Babinsa Turun Langsung Pengecekan Ternak Warga

Suaralira.com, Rengat -- Babinsa Koramil 01/Rengat Serma Syafril Arwin melaksanakan pengecekan dan pemantauan ternak.
 
Babinsa melaksanakan pemantauan Kambing milik bapak Riski salah satu warga jalan Sosial Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. 
 
Mencegah dan mamastikan didesa Talang Jerinjing aman Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kegiatan dilaksanakan hari Jum'at tanggal (05-05-2023).
 
Komandan Koramil  01/Rengat Kapten Inf HB. Sitepu memberikan perintah kepada semua Babinsa yang ada dibawah tanggung jawabnya untuk mengetahui bagai mana kondisi kesehatan hewan ternak yang ada diwilayah tugas dan tanggung jawab masing-masing. 
 
Babinsa apa lagi sekarang masih suasana lebaran dan Dua bulan kedepan hari raya Idul Adha, tentu kebutuhan ternak mangkin meningkat terutama Sapi dan Kambing yang akan dijadikan ternak korban. 
 
Tentu semua ternak harus betul-betul dalam keadaan sehat, inilah salahsatu tugas Babinsa memantau bahwa semua ternak betul-betul sehat dan dapat dijadikan ternak korban." Ucap Danramil.
 
Babinsa desa Talang Jerinjing mengimbau kepada semua warga, terutama yang punya Ternak Sapi, Kerbau, Kambing dan ternak lainnya. Harus selalu agar menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya dan juga memperhatikan Pakannya. 
 
Dikarenakan akan berpengaruh besar bagi perkembangan ternak terutama peternak Kambing yang berada di kandang yang tak pernah dilepaskan diluar Kandang. Tentuk pemeliharaan dan makanan besar pengaruhnya dalam perkembangan ternak. 
 
Dan bila ada melihat ternaknya yang sakit jangan ragu-ragu untuk melaporkan ke petugas terkait dan juga bisa melaporkan melalui Babinsa.
 
"Untuk saat ini hasil pantauan dan pengecekan langsung oleh Babinsa dari Kandang kekandang ternak milik warga tidak menemukan adanya ternak yang terjangkit penyakit maupun PMK, semua ternak yang dicek dalam keadaan sehat-sehat. (Pr4as/sl)