Kodim 0302 /Inhu Menggelar Tes Kesegaran Jasmani Periodik I Tahun 2023

Suaralira.com, RENGAT (Inhu) – Untuk menunjang kesiapan fisik yang prima dalam mendukung tugas satuan, Kodim 0302 /Inhu menggelar Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik I Tahun 2023. Garjas yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 9 dan hingga 10 Februari diikuti oleh seluruh prajurit berpangkat Bintara dan Tamtama. Selasa, (10/05).
 
Kegiatan Garjas tersebut diawali dengan tes tensi oleh tim kesehatan. Pengecekan tes denyut nadi, tidak kalah penting dilakukan untuk normalnya 60 hingga 100 permenit. 
 
Jika diatas 100 frekuensi denyut nadi akan cepat sehingga personil tidak melaksanakan karena akan membahayakan kesehatan personil.
 
Kajas rem 031/WB Kapten Arm Oloan karuan, S. Sos.   selaku penyelenggara selaku penyelenggara menyampaikan kegiatan garjas ini merupakan program satuan yang dilaksanakan oleh seluruh anggota Kodim, sebagai upaya untuk memelihara fisik setiap prajurit guna menunjang tugas di satuan komando kewilayahan.
 
“Ada dua kategori dalam pelaksanaan garjas ini yaitu kesempatan A meliputi lari 12 menit dan kesempatan B untuk peserta melaksanakan Pul Up, Pus Up, Sit Up dan Seattle run serta renang 50 meter dengan menggunakan gaya dada, ” jelasnya.
 
Lebih lanjut Kajas  menekankan kepada para peserta untuk melaksanakan kegiatan tes Garjas dengan maksimal, karena hal ini dapat menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan usulan kenaikan pangkat maupun pendidikan.
 
“Laksanakan kegiatan ini dengan serius dan penuh semangat, dengan mengutamakan faktor keamanan, ikuti semua yang diinstruksikan tim penguji agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan,” pesannya.
 
Semantara itu kordinator kegiatan Kapten Inf Aplison mengatakan pelaksanaan garjas periodik ini sebagai tolak ukur fisik seorang prajurit, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan kesamaptaan fisik seorang prajurit secara berkala.
 
”Untuk mendapatkan hasil terbaik dari pelaksanaan Garjas ini, kita harus latihan dan pembinaan secara teratur dan berkala sehingga mampu menjaga dan meningkatkan stamina fisik prajurit,” pungkasnya.(Pr4as/sl)