Kepedulian Babinsa Terhadap Ternak Guna Pastikan Bebas PMK, Babinsa Pantau ke Kandang Sapi Milik Warga

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Sertu Togu JN melaksanakan kegiatan komunikasi sosial sekaligus pantau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi milik bapak Bowo di Desa Rawa Sekip Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu-Riau. Pada hari selasa (25/07/2023).
 
"Mencegah lebih baik dari pada mengobati" Adalah pepatah yang tepat untuk mengingatkan kepada peternak, khususnya peternak yang memiliki hewan ternak sapi.
 
Sertu Togu JN memantau langsung ke kandang sapi milik bapak Bowo, agar bisa langsung melihat dan mengingatkan serta memperhatikan faktor kebersihan baik kandang dan pakan guna menghindari dan mencegah terjadinya Virus PMK pada hewan ternak sapi.
 
Sertu Togu JN mengatakan "Walaupun bahaya PMK sudah kecil kemungkinannya, namun Pendampingan dan pemantauan yang kami lakukan, bertujuan untuk mengingatkan kepada peternak serta mengetahui kesehatan hewan ternak itu sendiri. 
 
Termasuk sebagai langkah pengawasan terhadap hewan ternak khususnya hewan sapi, dari ancaman wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang bisa saja sewaktu-waktu timbul kembali"
 
"Apabila terjadi perubahan pada ternak (sapi) seperti tidak nafsu makan atau menunjukan gejala yang mengarah pada ciri-ciri PMK, segera laporkan pada Dinas Kesehatan Hewan supaya mendapat penanganan yang tepat sekaligus menghindarkan dari kerugian yang lebih besar". tutup Sertu Togu JN.(Pr4as/sl)