Babinsa Lakukan Komsos dengan Peternak Sapi Dalam Upaya Antisipasi PMK

Suaralira.com, Rengat - Salah satu langkah mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah desa binaannya, Sertu Togu JN Babinsa Koramil 01/Rengat melaksanakan komsos dengan bapak Suwarno salah satu peternak sapi di Desa Rawa Sekip Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu-Riau. Selasa (19/09/2023).
 
Penyakit Mulut dan Kuku yang di singkat (PMK) merupakan penyakit hewan menular yang menyerang hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, domba, kambing, babi. Penyakit ini menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat tinggi terutama kepada para peternak itu sendiri.
 
Hewan ternak yang terjangkit penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dapat mengakibatkan hewan ternak mengalami suhu badan panas tinggi, terlihat lemah serta tidak nafsu makan, dan akhirnya mengalami penurunan berat badan serta kelihatan sangat kurus hingga menyebabkan kematian.
 
Harapan kita bersama agar peternak juga selalu mewaspadai tentang hal penyakit PMK, sebab PMK cepat penularannya dan dapat menimbulkan kematian mendadak pada hewan. 
 
"Jadi kalau ada hewan bergejala mengarah pada ciri-ciri PMK, segera melaporkan ke dinas kesehatan hewan sehingga mendapat penanganan yang tepat,” ujar Sertu Togu JN.
 
Kehadiran Babinsa di lapangan turut gencarkan pengecekan hewan ternak di wilayah binaan serta sebagai salah satu bentuk dukungan dan tanggung jawab bersama dalam mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak khususnya hewan sapi.(Pr4as/sl)