Pemenang PIK-R SMPN 3 PEKANBARU dan Plt.Kepala SMPN 3 Pekanbaru DODDY Yudhianto, S.Pd

PIK REGA SMPN 3 Pekanbaru Wakili Provinsi Riau untuk Tingkat Nasional

Suaralira.com, Pekanbaru — PIK-R adalah singkatan dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja dimana dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan khususnya SMP Negeri 3 Pekanbaru, "ujar Doddy Yudhianto,S.Pd Plt. Kepala Sekolah kepada awak media suaralira.com diruangannya, Jumat 20/10/2023.

Manfaat PIK-R adalah Tempat untuk mencari solusi permasalahan yang dihadapi, merencanakan masa depan, dan memperoleh pengetahuan tentang hidup sehat bagi kalangan anak usia remaja. 

Tujuan PIK-R adalah Meningkatnya kemampuan PIK Remaja dan dalam mengembangkan materi dan isi pesan Program GenRe (Generasi Berencana), guna untuk meningkatnya kemampuan PIK Remaja dalam mengembangkan kegiatan yang lebih inovatif dan kreatif. 

Juga Meningkatnya minat remaja untuk aktif dalam kegiatan dan pengelolaan PIK Remaja TIGA (PIK REGA) SMP Negeri 3 Pekanbaru. Pusat Informasi Konseling Remaja kemarin berhasil menjuarsi Tingkat Provinsi dalam hal percontohan PIK R dimana in8 langkah awal kita untuk maju ketingkat Nasional yang merupakan wadah.

Juga PIK R ini telah bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam bentuk kegiatan dengan materi konseling konseling dan materi materi Penyimpangan tentang Remaja, yaitu penggunaan obat obat terlarang, Narkoba dan kenakalan Remaja dimana juga hal sek bebas. 

“Penyuluhan ini sangat penting, terkait materi kependudukan dan kesehatan reproduksi, serta untuk menekan angka kenakalan remaja dengan Narkoba dan pergaulan bebas akibat perkembangan teknologi dan orang pusat sudah pernah datang untuk melihat kondisi PIK R Sekolah” jelas Doddy.

Maysitoh,M.Pd menuturkan juga tentang seputaran siswa SMPN 3 dimana mereka untuk melaksanakan Pusat Informasi Konseling Remaja Tiga sesuai namanya dengan Ruangan yang telah ada di Ruang Konseling Sekolah, "ujar Maysitoh.  

Kegiatan ini biasa sehari harinya yang juga dilaksakan di ekskul jadi ekskul ini lebih ke sosialisasi edukasi sama siswa siswa di sekolah tentang pencegahan bullying kemudian juga tentang remaja.

Kami ada pertemuan sekali seminggu di sekolah biasanya di kelas, lapangan dikumpulkan baru disampaikan dia ada untuk anggota PIK REGA SMPN 3 Pekanbaru.

Juga ada untuk semua siswa kalau untuk semua siswa biasanya dibikin jadwal penampilan edukasi mereka disitu biasanya 1 semester itu 2 atau 3 kali untuk semua siswa.

Tapi kalau untuk anggota itu rutin satu kali seminggu anggota kurang lebih 50 siswa. Mereka open rekrut jadi siapa yang mau daftar silahkan. sifatnya ekskul jadi siapa yang berminat siapa yang mau ikut ayok ikut, "tutur Maysitoh.

Jadi mereka dibina, dilatih dan memang sudah diikutkan untuk pelatihan sejauh ini positif karena kebanyakan mereka menyampaikannya itu melalui games. 

Soalnya games anak-anak kan mereka suka kayak gitu sekarang makanya kadang ada di lapangan bentuknya memang interaktif melalui games.

Melalui Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK REGA) SMPN 3 Pekanbaru semoga ditingkat Nasional nantinya sekolah kita dapat menjuarainya, "tutup Maysitoh berharap. (Jheff/sl)