Babinsa Rutin Sambangi Peternakan Sapi Demi Bebaskan PMK Bagi Peternak

Suaralira.com, Rengat - Koramil 01/Rengat-Wabah PMK yang telah menyerang berbagai hewan ternak di sejumlah daerah, seakan menjadi pantauan tersendiri bagi Babinsa Desa Kuantan Babu Serma Sumarno. 
 
Dengan berbagai langkah antisipasi pun, dilakukan oleh para Babinsa untuk memantau perkembangan wabah PMK tersebut. 
 
Pemeriksaan kesehatan secara rutin di lakukan oleh para mantri hewan  sebagai upaya preventif yang dilakukan bersama Babinsa Desa Kuantan Babu Serma Sumarno Saat ini, pemantauan terhadap wabah PMK yang dilakukan oleh Babinsa di wilayah teritorial Koramil 01/Rengat.
 
Pemantauan yang diselingi dengan adanya komunikasi sosial itu, melibatkan sejumlah peternak yang ada di Desa Kuantan Babu, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu. Selasa ( 24/10/2023 ) 
 
“Kami juga mengajak warga untuk berperan aktif mencegah PMK,” ujar Serma Sumarno, Babinsa Desa Kuantan Babu tak hanya itu saja, berbagai sosialisasi pun dilakukan oleh Serma Sumarno ditengah pemantauan yang Babinsa  lakukan, Pengecekan kondisi hewan ternak pun, dilakukan oleh Babinsa Desa Kuantan Babu Serma Sumarno.
 
“Pemeriksaan kesehatan secara Kasat mata atau gejala yang biasa di temukan oleh hewan yang terjangkit PMK adalah nafsu makan berkurang serta mulutnya mengeluarkan lendir atau air liur yang berlebihan ini dilakukan sebagai upaya preventif,” imbuh Babinsa. 
 
Serma Sumarno Babinsa Desa Kuantan Babu berharap, adanya pemeriksaan dan sosialisasi yang ia lakukan saat ini bisa memperluas wawasan masyarakat akan pentingnya mewaspadai keberadaan PMK.
 
“Kita bersama-sama, akan memantau dan mencegah adanya penyebaran PMK di Desa Kuantan Babu,” tegasnya Babinsa. (Pr4as/sl)