Kepala SDN 141 Pekanbaru bersama Proktor ANBK 2023

ANBK Pengganti Ujian Nasional 2023 Telah Dilaksanakan Dua hari SD Negeri 141 Pekanbaru

Suaralira.com, Pekanbaru — Plt Kepala SD Negeri 141 Pekanbaru Nurlisah,SPd dijumpai awak media suaralira.com di Ruangan Majelis Guru tentang ANBK Tahun Pelajaran 2023-2024, Rabu, 25 Oktober 2023 dihari pertama. Dan dihari Kedua ANBK semoga dapat berjalan baik, lancar dan sukses sesuai yang diinginkan pihak sekolah.

Nurlisah menyampaikan bahwa sesuai Surat Keputusan Kepala Sekolah Dasar Negeri 141 Pekanbaru Nomor 422/SDN 141-PKU/X/2023/061 Tentang Penetapan Panitia/Tim Sukses Ujian ANBK SD Negeri 141 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2023/2024 ditanda Tangani Kepala Sekolah.

Guna untuk mensukseskan Ujian ANBK SD Negeri 141 maka dibuatlah SK Panitia. Kepala Sekolah Nurlisah,S.Pd sebagai Penanggung Jawab, Proktor Reskina Sari,SPd, Tekhnisi M.Mukhlisin,S.PdI Pengawas dari Sekolah lain yakni pengawas silang Sumiati S.Pd dan Meri Mulyani,S.Ag.

Hal WIFI juga sudah di persiapkan agar ANBK dapat berjalan lancar sesuai kebutuhan, juga sebelum ANBK sekolah telah mengadakan Gladi bersih dimana siswa tetap dilatih dengan peserta 30 orang cadangan 5 orang.

Dihari Pertama sesuai jadwal diadakan Literasi dan dihari kedua Numerasi Pelaksanaannya dibagi dalam dua sesi. Alhamdulillah ANBK Tahun ini bisa berjalan lancar dengan lagtop dan Cromebook yang ada.

Semoga siswa yang ikut nantinya dapat mencapai nilai terbaik karena disinilah siswa dapat melihatkan mutu pendidikannya. Karena sudah beberapa tahun ini UN dan US diganti dengan AN.

Proktor Reskina sewaktu istirahat setelah sesi pertama berjalan tetap menyiapkan lagtop/komputer/cromebook untuk menghadapi sesi kedua ujian ANBK diruangan ANBK dijumpai juga telah nempersiapkan bagaimana ANBK agar bisa berjalan dengan baik, lancar dan seoptimal mungkin demi nama baik SDN 141 dan terselesaikannya ujian ANBK ini.

ANBK adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan sekolah dan berfungsi sebagai evaluasi yang menggunakan instrument Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar .

ANBK merupakan salah satu terobosan pemerintah dalam melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sekolah. 

ANBK diklaim sangat penting untuk meningkatkan mutu system pendidikan di Indonesia . ANBK adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan sekolah.

Dan Kepala Sekolah "berharap bahwa dengan ANBK guna meningkatkan kemampuan literasi bagi peserta didik, "ujarnya.  

Melalui ANBK, dapat diukur sejauh mana kemampuan literasi setiap peserta. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi. 

Selain itu bahwa dengan ANBK yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dapat dijadikan suatu evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di satuan pendidikan, "tutupnya. (Jheff/sl)