Tidak Ingin Menimbulkan Kerugian Besar Bagi Warganya Karena PMK, Babinsa Cek Ternak Pastikan Aman Dari PMK

Suaralira.com, Rengat - Upaya untuk mencegah perkembangan penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi ternak  Sapi maupun penyakit lainnya, seperti ternak  Kerbau dan Kambing yang ada didesa Talang Jerinjing. Babinsa melaksanakan Komsos untuk memantau perkembangan ternak tersebut yang ada di wilayah tugas dan tanggung jawab desa binaan seorang Babinsa. 
 
Komsos ini dilaksanakan oleh Pelda Syafril Arwin hari Rabu tanggal 27-12-2023 bertempat didusun Lima desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu.
 
Diakui Babinsa Pada saat sekarang ini memang tidak ada lagi ternak yang terpapar penyakit PMK yang ada disekitar desa Talang Jerinjing dan maupun desa disekitarnya. Tapi walaupun demikian penyakit PMK ini tidak boleh kita anggap main-main karena kita tidak tahu kaban terjangkitnya pada ternak khususnya didesa Talang Jerinjing. 
 
Menurutnya ,sudah banyak contoh bagi desa-desa disekitarnya maupun didesa kita sendiri setahun belakang ini. Saat sekarang ini  kita  telah berhasil menjaga tidak ada lagi ternak kita yang terpapar penyakit mulut dan kuku ini lagi. Walaupun kita tidak mendengar lagi diwilayah kita maupun diwilayah desa sekitar yang terpapar PMK karena itu kita tetap waspada."ujarnya 
 
Disampaikan juga oleh Babinsa berinisiatif turun langsung mengecek kelokasi dimana ternak warga dipelihara, biar kita pastikan bahwa ternak tersebut dalam keadaan aman dari PMK maupun penyakit lainnya. Karena bagaimanapun kalau sudah terpapar penyakit yang terdampak tetap masyarakat terutama yang punya ternak. 
 
Atas nama Masyarakat  yang diwakili oleh bapak Jawat, juga menjabat Kepala Dusun 5 mengucapkan terimakasih kepada Pak Babinsa atas inisiatifnya berkunjung ke lokasi ternak warga. Hal seperti ini perlu kita tingkat menjaga hubungan siraturahmi antara TNI dan masyarakat.
 
Danramil 01/Rengat Kapten Inf HB. Sitepu memberikan intruksi kepada jajarannya supaya disampaikan ke masyarakat yang ada dibawah jajaran Koramil 01/Rengat. 
 
Saat ini sudah masuk musim hujan, harus waspada bila nanti datang banjir atau luapan sungai ke pemungkiman masyarakat apalagi masuk air kekandang ternak milik warga. Para Babinsa harus mengantisifasi kemungkinan ini terjadi. 
 
Silahkan Bantu para peternak dan cari tempat atau dataran yang lebih tinggi untuk ditempati ternaknya supaya lebih aman. "Ucap Danramil.(Pr4as/sl)