Babinsa Melaksanakan Pemantauan dan Sosialisasi Tentang PMK di Desa Binaan

Suaralira.com, Rengat - Waspada penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa Koramil 01/rengat ,Kodim 0302/inhu Serka Dedi iskandar melaksanakan pemantauan  kondisi  hewan ternak milik warga di Desa Sialang dua dahan , Kecamatan Rengat barat Kabupaten inhu .
 
Pantauan suaralira.com tampak Serka Dedi iskandar  langsung temui Bapak agus ), warga RT. 02 RW. 04 Desa Sialang dua dahan yang memiliki hewan ternak sapi untuk mengecek kondisi sapi tersebut guna antisipasi gejala akan tumbuhnya penyakit mulut dan kuku.
 
Saat Pantau dan sosialisasi  hewan ternak ini Serka Dedi iskandar  mengatakan, Kegiatan Ini merupakan salah satu upaya identifikasi serta pengendalian penyebaran penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak.
 
Serka Dedi iskandar  sampaikan kepada pemilik hewan ternak sapi tersebut bahwa PMK sendiri merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya, penyakit ini menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau hn dan kambing."paparnya
 
Lebih lanjut dirinya menerangkan, Secara umum, PMK menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama di antaranya kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, hewan terlihat lemah, sering berbaring.
 
Diharapkan oleh Serka Dedi iskandar seluruh masyarakat yang memiliki hewan ternak khususnya sapi agar melakukan pengecekan secara rutin untuk mencegah penyakit PMK
 
“Jika hewan ternak terindikasi penyakit segera laporkan ke Babinsa atau  dan instansi terkait,”Pesanya(Pr4as/sl)