Melakukan Komsos Dan Selalu Jaga Silaturahmi Kepada Masyarakat, Ini Kata Babinsa

Suaralira.com, Rengat - Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) adalah salah satu kegiatan Babinsa untuk mendapatkan informasi maupun mengetahui perkembangan situasi di desa. 
 
Masyarakat merupakan perpanjangan tangan bagi Babinsa untuk mendapatkan informasi bila ada kejadian didesa binaan,ini selalu dilakuan oleh setiap para Babinsa, begitu juga dengan Babinsa desa Talang Jerinjing supaya mendapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya baik berhubungan dengan keamanan, sosial, budaya maupun ekonomi. 
 
Selanjutnya, dengan Kegiatan ini sangat perlu dilakukan karena kita mendapatkan informasi langsung dari warga dengan melakukan kegiatan Komsos ini dilaksanakan secara Humanis dengan cara kekeluargaan, seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Talang Jerinjing Pelda Syafril Arwin mendatangi warung milik bapak Halim  yang biasanya tempat berkumpulnya warga. 
 
Contoh hari ini Jum'at (12-01-2024). Bertempat di Simpang Payarumbai Dusun 2 desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu.
 
Kegiatan ini juga diharapkan ada dialok antara Babinsa dengan masyarakat maupun tokoh Adat, Agama dan Pemuda saat itu Babinsa berdiskusi tentang keamanan dimana saat sekarang ini musim hujan ada sebagian warga desa Talang Jerinjing terdampak dari bencana banjir pada tahun ini. 
 
Jangan sampai ada warga desa Talang Jerinjing yang berdampak buruk kesempatan tersebut Babinsa juga memberikan imbauan kepada seluruh warga desa Talang Jerinjing bila debit air mangkin tinggi dan memasuki rumah supaya melaporkan ke Ketua RT, Babinsa, Bhabinkamtibmas maupun langsung kepada Kades Talang Jerinjing. 
 
Imbauan ini sangat penting, karena kepedulian kita bisa menjaga keselamatan maupun kesehatan warga desa Talang Jerinjing. Babinsa selalu menginformasikan kepada semua pihak tentang apa yang terjadi didesa. "Ucap Pelda Syafril Arwin.
 
Sementara Danramil 01/Rengat Kapten Inf HB. Sitepu bahwa kegiatan Komsos ini juga merupakan salah satu cara mengwujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan sesuai dengan Delapan Wajib TNI yaitu mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya. 
 
Sehingga keberadaan Babinsa ditengah-tengah masyarakat dapat menciptakan rasa aman dan tentram juga meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI khususnya para Babinasa yang ada dilapangan. 
 
Dengan begitu Komsos akan tercipta suasana yang harmonis dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas Babinsa di tengah-tengah warganya.(Pr4as/sl)