Cek Langsung Kelapangan, Kunjungi Para Peternak Babinsa Pastikan Ternak Aman dari PMK

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Pelda Syafril Arwin melaksanakan pengecekan dan pemantauan ternak langsung kekandang para peternak juga sekaligus lakukan pengecekan ke kandang dan memastikan aman dari penyakit PMK maupun penyakit lainnya, 
 
Saat ini musim hujan dan sebagian wilayah desa terdampak dari banjir, tentu sangat berdampak kepada ternak yang mudah diserang penyakit.
 
Disamping itu ada juga kesulitan lainnya yang dihalami para peternak termasuk kesulitan mencari makanan ternak karena daerah tempat mencari rumput sudah banyak digenangi air.
 
Babinsa selalu mengimbau dan mengingatkan masyarakat selalu menjaga, merawat dan memberi vitamin pada ternaknya supaya bisa mencegah terjadi suatu hal yang tidak di ingini pada ternak sapinya. 
 
Selainnitu juga Babinsa juga aktif memantau dan mendatangi kandang-kandang milik warga untuk mengecek kondisi ternaknya seperti saat ini Babinsa mendatangi kandang milik bapak Sidi Dusun Tiga desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. 
 
Yang memiliki ternak Jenis sapi Metal dan Bali. Karena jenis ternak sapi untuk dikembangbiakan,Kegiatan saat ini Sabtu tanggal 20-01-2024.
 
Babinsa desa Talang Jerinjing pada kesempatan tersenut mengimbau kepada semua warga, terutama yang punya Ternak Sapi, Kerbau, Kambing dan ternak lainnya dapat selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya dan juga memperhatikan Pakannya. 
 
Bila ada melihat ternaknya yang sakit jangan ragu-ragu untuk melaporkan ke petugas terkait dan juga bisa melaporkan ke Babinsa. 
 
Pantauan dan pengecekan langsung oleh Babinsa dari Kandang kekandang ternak milik warga tidak menemukan adanya ternak yang terjangkit penyakit maupun PMK, semua ternak yang dicek dalam keadaan sehat-sehat.
 
Komandan Koramil 01/Rengat Kapten Inf HB. Sitepu memberikan instruksi kepada para Babinsa dibawah jajaranya untuk mengetahui bagai mana kondisi kesehatan ternak yang ada di wilayah hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab masing-masing para Babinsa, terutama mengecek Penyakit Mulut dan Kuku kepada semua ternak yang ada di desa.
 
Semua ternak harus dicek seperti Sapi, Kerbau, Kambing maupun ternak lainnya untuk memantau kondisi kesehatan ternak, Para Babinsa harus aktif untuk mengecek kondisi ternak yang ada. 
 
Hal ini bertujuan untuk mencegah supaya tidak ada ternak yang sakit terutama PMK ." Ucap Danramil. (Pr4as/sl)