Turun Lapangan Secara Rutinitas Babinsa Koramil 01 Rengat Terus Pantau Perkembangan PMK di Desa Binaan

Suaralira.com, Rengat - Lakukan dan gencar memberantas adanya wabah virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang tersebar di berbagai daerah yang tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah/genap seperti halnya sapi dan lainnya.
 
Terus lakukan Antisipasi hal tersebut, Koramil 01/Rengat  Kodim 0302/Inhu.Babinsa Serda efendrizal yang terus melaksanakan kegiatan pemantauan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di desa Tani makmur Kecamatan Rengat barat Kabupaten Indragiri hulu, Riau, Kamis.(22/02/2024).
 
"Demikian kegiatan ini yang dilakukan oleh Babinsa desa Tani makmur menindak lanjuti penyebaran virus penyakit mulut dan kuku diberbagai daerah di Indonesia.
 
Tentunya yang dapat mengancam kesehatan hewan berkuku genap dan belah yang memiliki dampak besar bagi perekonomian Indonesia.
 
"Babinsa lakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik masyarakat yang ada di desa sebagai tindak lanjut pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan berkuku genap atau belah
 
"Untuk diketahui bahwa gejala hewan ternak terkena PMK yaitu ternak terlihat demam tinggi, menggigil, mengalami tidak nafsu makan, penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah, keluar air liur berlebihan, hewan lebih sering berbaring, luka pada kuku bahkan kukunya terlepas,
 
"Melalui kegiatan ini, kita dapat memastikan hewan-hewan ternak milik pak poimin masyarakat di wilayah binaan desa Tani makmur khususnya di Kecamatan Rengat barat bebas dari PMK atau yang lebih dikenal dengan Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak.
 
"Pelaksanaan kegiatan berlangsung tertib dan lancar. Masyarakat yang memelihara hewan ternak menyambut baik pemeriksaan dan kedatangan Babinsa tersebut.(Pr4s.sl)