Babinsa Koramil 01/Rgt Terus Bantu Masyarakat Dalam Menangani Penyakit PMK

Suaralira.com, Rengat - Selalu berupaya guna pencegahan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak, Babinsa Koramil 01/Rengat, Serda Zakirman  melakukan kegiatan pendampingan dan pemantauan terhadap hewan ternak milik warga. 
 
Dalam mengantisipasi hewan ternak warga aman dari penyakit PMK, khususnya yang ada di wilayah binaannya di Desa Rantau mapesa, kecamatan Rengat kamis tgl 07 maret 2024.
 
Kepada suaralira.com Menurut Babinsa Serda Zakirman mengatakan bahwa, setelah melakukan pengecekan dan sosialisasi ke rumah warga, pihaknya juga sekaligus memberikan sosialisasi pencegahan wabah PMK l, "katanya.
 
Selanjutnya dapat segera melaporkan kepada petugas kesehatan hewan (keswan) apabila ditemukan kambing atau sapi yang terjangkit penyakit tersebut.
 
Upaya dalam melaksanakan egiatan ini  untuk membantu masyarakat dan sebagai bukti bahwa kami sebagai Babinsa peduli dengan warga binaan. 
 
Memang dalam kunjungan Babinsa memang ada beberapa ekor tadi sudah kami lihat, dan alhamdulillah tidak kami temukan ciri atau gejala adanya penyakit mulut dan kuku, semua dalam kondisi sehat” ucap Serda zakirman. 
 
Selanjutnya “Kita juga menghimbau kepada warga untuk segera melapor kepada Babinsa atau petugas keswan apabila terdapat hewan ternaknya mengalami tanda-tanda penyakit PMK. 
 
Agar segera dilaksanakan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang besar atau di jual murah oleh pemilik sapi. 
 
Terhadap hewan ternak yang kita miliki oleh masyarakat khususnya peternak agar tetap sehat, maka kita harus menjaga kebersihan kandang dengan cara membuang kotoran nya setiap hari 
 
Dan juga tetap melakukan penyemprotan terhadap kandang dengan menggunakan Disinfektan untuk membunuh Virus.
 
"Jika ada yang terjangkit PMK untuk pertolongan pertama adalah memberikan vitamin C dengan cara dihaluskan kemudian di oleskan di mulutnya atau membuat jamu kunyit. 
 
Selanjutnya dapat di minumkan ke sapi dan untuk mengobati kakinya dengan cara mengoleskan oli kotor. 
 
Dengan demikian mudah - mudahan hewan ternak yang terkena tanda tanda tersebut dapat sembuh.
 
" Danramil 01/Rengat menyampaikan, kegiatan ini rutin dilakukan oleh anggotanya untuk membantu kesulitan masyarakat dalam pencegahan dan penanganan PMK. (Pr4as.sl)