Hindari Wabah PMK Pada Sapi Milik Warga Binaanya Babinsa Koramil 01/Rengat Lakukan Pengecekan

Suaralira.com,Rengat - Upaya untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), anggota Koramil 01/Rengat mendatangi kandang sapi milik warga untuk melakukan pengecekan hewan peliharaan Sapi milik warga.
 
Yang berada di Desa binaan Desa Sungai Baung Kecamatan.Rengat Kopda S.Yadi E.Hasibuan, Jum'at (05/04/2024) .
 
Saat dihubungi oleh suaralira.com Babinsa setempat menyampaikan sebagai babinsa pihaknya akan terus lakukan pengecekan ternak milik warga Binaanya. 
 
"Alhamdulillah tidak ada menemukan hewan ternak milik warga yang terjangkit PMK , sehingga saat itu kami memberitahukan kepada warga apabila ada hewan ternak milik warga yg terserang PMK supaya segera menghubungi petugas kesehatan hewan untuk segera ditangani.
 
Saat melakukan pengecekan kami juga menyarankan kepada warga untuk secepatnya melaporkan apabila ada hewan ternaknya yang mengalami gejala PMK,” imbuhnya.
 
Sebagai Babinsa mengatakan agar warga dapat segera melaporkan sedini mungkin kepada petugas ketika ditemukan gejala PMK agar dilakukan penanganan. 
 
Sehingga tidak menimbulkan penularan ke hewan ternak khususnya hewan berkuku agar tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.
 
Selain menjalankan tugas pokok sehari-hari, seluruh jajaran Babinsa ditugaskan untuk membantu melakukan pencegahan penyebaran PMK. 
 
Seperti halnya bertemu dan menangani bersama petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indragirihulu serta instansi terkait lainnya, sebagai upaya pemerintah memutus penyebaran PMK.
 
“Selain imbauan dan sosialisasikan  penyemprotan mikroba serta juga dilaksanakan vaksinasi,pembersihan kandang hewan ternak dan pemberian obat2an seperti yang sudah dilakukan di beberapa daerah, guna mempercepat penanganan PMK,”imbuhnya.(Pr4as.sl)