Anggota Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Sosialisasi Cegah Karhutla

Suaralira.com,Rengat - Koramil 01/Rengat  Kodim 0302/Inhu melalui Koramil 01/Rengat, terus berupaya mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Kuala Mulia Kecamatan Kuala Cenaku . Rabu 02/05/2024
 
Danramil 01/Rengat Kapten Inf HB Sitepu memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan Patroli dan Sosialisasi ke warga warga tentang bahaya Karhutla. 
 
Anggota 01/Rengat langsung turun ke lokasi di desa binaannya, satu-satu langkah yang efektif dilakukan yaitu dengan memaksimalkan kegiatan sosialisasi dan patroli  Karhutla di wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan.
 
Disaat sosialisasi Karhutla bagi warga binaannya anggota koramil 01/Rengat Koptu Mukhlis menegaskan, Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebagai bentuk pencegahan dan mengantisipasi menghadapi musim kemarau panjang saat ini. 
 
Pola lama masih terlihat tampak masih Kebiasan untuk membuka lahan dengan membakar, diharapkan tidak usah dilakukan lagi. 
 
Untuk lahan yang ada belukarnya, pada saat mau membuka lahan dapat dibabat habis dan dipendam ke dalam tanah dan bagi batang pohon yang besar dapat dibelah belah  menjadi bagian kecil dan dibawa pulang untuk dijadikan kayu bakar. 
 
Dan lagi pula asap yang ditimbulkan saat ada pembakaran lahan sangat merugikan orang banyak, serta dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan, tandasnya.(Pr4as.sl)