1.Kepala SDN 17 Pekanbaru Nani Supriatni, M.Pd 2.Siswa P5 SDN 17 Pekanbaru 3.Siswa dalam kegiatan P5 4.Hidroponik dan Kepala SD Negeri 17 Pekanbaru Nani Supriatni, M.Pd

Projeck Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5) SD Negeri 17 Pekanbaru

Suaralira.com, Pekanbaru — Dalam P5 "Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka, dan Merdeka Mengajar" SD Negeri 17 Pekanbaru adakan Pagelaran Seni Kebhinekaan Global untuk Kelas I SD Negeri 17 Pekanbaru dan Kelas IV Gaya Hidup Berkelanjutan, "ujar Nani Supriatni, M.Pd Sabtu, 11/5/24' kepada awak media suaralira.com.

Penerapan P5 ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Artinya, para pelajar diajak untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

P5 itukan menyatu dengan kegiatan kurikulum merdeka untuk Siswa Sekolah Dasar. Ini kan salah satu nya adalah P5 itu kan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila jadi kami untuk semester 2 ini mengambil tema untuk kelas 1 itu temanya Kebhinekaan Global jadi saya dengan guru-guru sepakat untuk kelas 1 itu mengenai budaya Seni jadi tadi untuk 1A menari mewakili disinikan mengambil edukasi nya yaitu bahwa anak itu mengetahui budaya-budaya yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke diwakili 4 tarian dari Sumatra, Riau, Aceh pokoknya mewakili Nusantara.

Kemudian ada juga 1B menyanyi lagu-lagu daerah yang kelas 1C itu mengenai bahasa mereka bercerita dengan bahasa bahasa dan suku.

Juga belajar mengenal budaya sesuai dengan tema tadi jadi ada paduan suara ada tari ada jenis jenis permainan lain serta segala macamnya itu untuk kelas 1. 

Untuk kelas 4 mereka ini temanya kehidupan berkelanjutan dari tanaman karena pihak sekolah tidak punya halaman jadi hanya dengan menggunakan hidroponik yakni jenis-jenis tanaman yang ditanam itu adalah sejenis seperti sawi karena sawi ini cepat menghasilkan.

Pihak sekolah dengan tidak ada halaman jadi kami manfaatkan aja hidroponik tersebut jadi nanti sayuran ini kan anak- anak ada yang tidak suka sawi, sayuran makanya di buat kuliner seperti nanti sawi itu dicampur dengan mie goreng atau nasi goreng kemudian bakso. 

Jadi tadi itu orang tua juga ikut serta karena dibazarkan jadi hasil produk tanaman hidroponik tadi dibuat kuliner dibazarkan itu mungkin kegiatan P5 untuk satu semester ini nah nanti hasil nya akan dibagikan melalui raport ketika kenaikan kelas. 

Alhamdulillah tadi acara berjalan bagus antusias anak-anak juga senang orang tua juga ikut bekerja sama wali murid memberikan support terhadap kegiatan ini kelas 1 dan 4 itu sebagai pelaksana nya. Kita mengikut kan semua kelas termasuk wali muridnya juga, "ujar Nani.

Nani selaku kepala sekolah berharap dimana anak yang tidak mengetahui mungkin hanya melalui foto foto saja inilah harapan nya semoga budaya suku yang ada di nusantara indonesia ini dapat diketahui.

Baik itu beragam bahasa yang ada mereka dapat dan bisa memahami serta melaksanakan nya dengan nyata begitu anak-anak bisa memetik pelajaran bahwa Indonesia itu beragam budaya seni dan itu ada dalam P5, "tutupnya.

(Jheff/sl)