Aman Dari PMK Menjelang Idul Adha Babinsa Cek Ternak

Suaralira.com, Rengat - Untuk pencegahan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak menjelang hari raya Idul Adha tahun ini, Babinsa desa Talang Jerinjing Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Pelda Syafril Arwin melaksanakan pemantauan dan pengecekkan ternak .

Pantauan dan pengecekan sapi milik berupa Abdul di Dusun Tiga Payarumbai 1 desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu Kamis 06-06-2024.

Babinsa Pelda Syafril Arwin kepada suaralira.com mengatakan bahwa, melakukan pengecekan serta pemantauan ke kandang-kandang ternak milik warga, juga sekaligus memberikan arahan khusus kepada para peternak.

Mengingat, beberapa waktu yang lalu wilayah kita selalu turun hujan  supaya warga bisa selalu menjaga ternak dan juga  menjaga kebersihan kandang.

"Selain itu juga haruslah mencukupi makannya cukup serta kandang bersih ternak pasti dalam kondisi sehat." Ujarnya.

Kalau kondisi ternak sehat dan gemuk tentu harga juga tinggi jelas ini menguntungkan bagi para peternak apalagi menjelang hari raya Idul Adha ini yang kurang lebih Sebelas hari lagi tentu harga ternak lebih mahal."Ungkap Babinsa

Lebih lanjut Babinsa menyampaikan kepada warga untuk segera melapor kepada Dinas terkait termasuk kepada Babinsa apabila ada hewan ternaknya mengalami sakit terutama ada tanda-tanda penyakit PMK.

Tentu agar segera dilaksanakan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi peternak dan Babinsa juga memberikan arahan supaya ternak juga diberi Vitamin biar kondisi ternak tetap sehat.

Tidak hanya itu Babinsa berharap semaksimal mungkin bagi yang punya ternak supaya menjaga dan merawat ternaknya tetap sehat yang utama penangganan dan pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).(Pr4as.sl)