Kebutuhan Akan Zat Hara Babinsa Bantu Petani Mengolah Pupuk Kompos, Ini Penjelasan Serda Hasanuddin.

Suaralira.com, Rengat - Babinsa membantu lakukan pembuatan pupuk Kompos yang merupakan salah satu komponen terpenting dalam bidang pertanian.

Karena hal tersebut merupakan fungsi sebagai pemenuhan kebutuhan akan zat hara yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang dikarenakan Pupuk sangatlah memegang peranan penting.

Hal tersebut disampaikan Serda Hasanudin Babinsa Koramil 01/rengat,Kodim 0302/inhu kepada suaralira.com di Desa tambak Kecamatan Kuala Cenaku,kabupaten Indragiri Hulu Riau  Jum,at (21-06-2024)

Ditambahkan oleh Serda Hasanudin saat membantu dalam pengolahan pupuk organik di rumah Pak Siswono agar petani dapat mensukseskan program kemandirian pangan dan ketahanan pangan pemerintah

Untuk diketahui   ahwa dalam Proses pegolahan pupuk organik tersebut dengan menggunakan tanah bekas kotoran sapi,kambing dicampur dengan abu dan tanah sisa pembakaran sampah,dicampur dengan EM4 (mikroorganisme dekomposer).

Untuk diketahui bahwa dalam Pembuatan Pupuk Organik dengan bantuan bakteri EM4 ini dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri,dengan proses EM dapat menjadi pupuk organik yang bermanfaat meningkatkan kualitas tanah.

"Membuat pupuk alami sendiri, petani bisa menekan biaya dalam usaha pertanian dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan serta manfaat pupuk organik juga tidak kalah dibanding dengan pupuk kimia, tutup Serda Hasanudin.

Sementara saat dihubungi oleh suaralira.com Danramil 01/rengat,Kapten inf Hb Sitepu selalu mengatakan bahwa Babinsa harus selalu berada di tengah-tengah masyarakatnya.

"Selain itu juga selalu mendampingi setiap kegiatan masyarakat dengan memberi saran dan support untuk ketahanan pangan,serta selalu menjaga kerjasama, goro dan berbagi komunikasi dan informasi," Titip Danramil(Pr4as.sl)