Dandim 0302/Inhu-Kuansing Hadiri Penyerahan Bantuan Alsintan Serta Gerakan Tanam Bersama Padi Sawah OPLA

Suaralira.com,Inhu - Kegiatan program dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia dan langsung Penyerahan Bantuan Alsintan sekaligus lakukan Gerakan Tanam Bersama Padi Sawah Kegiatan padi sawah Optimasi Lahan (OPLA) di Desa Kelayang Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu Jum'at tanggal 21 Juni 2024 sekira Pukul 09.30 Wib.
 
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Letkol Inf Emick Candra Nasution, M.P.M ( Dandim 0302/Inhu-Kuansing ),Rezita Meylani Yopi, SE ( Bupati Kab. Inhu) 
Ipda Jon Hendri ( Mewakili Kapolres Inhu ), DR.Shanorah SP.MP ( Mewakili Dirjen Holtikultura Kementan ), Taufik Hidayat, SP., MP ( Kepala BPIP Provinsi Riau ), Dedi Dianto, SP ( Kadis Pertanian dan Perikanan Kab. Inhu), H. Ergusfian, S.Sos ( Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kab. Inhu) ,H Suyono, SE ( Kadis Koperasi dan UKM Kab. Inhu), Ory Hanang Wibisono, SE ( Kadis Lingkungan Hidup Kab. Inhu) 
Drs. Nursisman ( Kadis Sosial Kab. Inhu), Arif Sudaryanto, ST, MT ( Kadis PUPR Kab. Inhu) ,Tukiyat, S.Sos ( Kasat Pol PP Kab. Inhu) ,Mulyadi, S.Sos ( Kalaksa KPBD Kab. Inhu) , Sri Wahyu Arianto,SP.MP ( Mewakili Ketua Harian KTNA Inhu), Candraleka, S.Sos ( Camat Rakit Kulim) , Rosmaidah S.Sos ( Camat Kelayang ) ,M.Fadillah ( PJ Kades Kelayang) , Kades Se-Kec. Rakit Kulim,Seluruh PPL Se-Kab.Inhu
Seluruh Kelompok Tani Desa Kelayang
Masyrakat Desa Kelayang Kec.Rakit Kulim
 
Pada kesempatan tersebut Dandim 0302/Inhu - Kuansing Letkol Inf Emick Candra Nasution, M.P.M dalam sambutanya menyampaikan singkat yang pada dasarnya sebagai  intin bahwa TNI ikut serta dalam program ketahanan pangan yang bekerja sama dengan kementrian pertanian .
 
Melalui kementrian pertahanan untuk turun langsung dan mendampingi program ketahanan pangan agar segala proses pengolahan lahan (OPLAH) berjalan dengan lancar dan optimal dapat untuk segera dimanfaatkan"ungkap Dandim. 
 
Selanjutnya Dedi Dianto, SP Kadis Pertanian dan perikanan Kab.Inhu dalam sambutan juga menyampaikan ucapan Terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mendukung alsintan dan lahan yang nantinya melalui program oplah ini, "katanya.
 
Dengan harapan untuk kedepannya para petani dapat lebih sejahtera lagi dan hasil yang maksimal serta dapat mencukupi pangan khususnya untuk Kab.Inhu, " Imbuhnya. 
 
Pihak yang mewakili Dirjen Holtikultura Kementrian Pertanian juga kesempatan itu juga menyampaikan bahwa dengan program oplah ini adalah untuk mengantisipasi darurat gagal panen,"ujarnya.
 
Dan kali ini mengupayakan program oplah ini di tepatnya di Desa Kelayang agar khususnya masyarakat Kab.Inhu tidak terdampak darurat gagal pangan.
 
Tentunya Kami sangat mengapresiasi kepada bapak Dandim yang ikut andil dalam program oplah ini dan turun langsung ke lapangan."sebutnya.
 
Selanjutnya Bupati Inhu menyampaikan bahwa sangat berterima kasih atas kepedulian pemerintah pusat untuk seluruh masyarakat Kab.Inhu yang telah mendukung alsintan untuk mengolah lahan pertanian di Desa Kelayang. 
 
Agar alat ini dapat digunakan secara optimal dan maksimal,disini saya akan  menyerahkan secara simbolis alsintan dan tanam bersama padi sebagai bentuk dukungan untuk para kelompok tani.
 
Dengan harapanya lanjut Bupati Rezita agar kedepan kita khususnya masyarakat Kab.Inhu tidak lagi terdampak darurat pangan dan masyarakat Inhu agar lebih sejahtera, "terang Bupati. 
 
Usai sambutan yang Bupati Rezita melakukan penyerahan Alsintan Dari  Direktur BSIP RI secara simbolis berupa TR 4 : 1 Unit, TR 2 : 5 Unit, Pompa Air : 4 Unit, sekaligus secara serentak dan bersama melakukan Penanaman Padi bersama dilahan Oplah Secara Simbolis.(Pr4as.sl)