Babinsa Koramil 01/Rengat Lakukan Pengecekan Wabah PMK Sapi milik Warga.

Suaralira.com,Rengat - Untuk melakukan upaya mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), anggota Koramil 01/Rengat melaksanakan pengecekan di kandang sapi milik warga, di Desa binaan Desa Barangan  Kec.Rengat Barat  Kabupaten Indragiri Hulu Kopka Rudi Selasa  (23/07/2024) .
 
Dalam hal ini Babinsa langsung, melakukan pengecekan terhadap sapi milik warga dan Alhamdulillah tidak ada menemukan hewan ternak  yang terjangkit PMK. 
 
Kepada warga apabila ada hewan ternak milik warga yg terserang PMK supaya segera menghubungi petugas kesehatan hewan untuk segera ditangani.
 
Saat melakukan pengecekan kami juga menyarankan kepada warga untuk secepatnya melaporkan apabila ada hewan ternaknya yang mengalami gejala PMK,” 
 
Diharapkan melaporkan dan sedini mungkin kepada petugas kesehatan hewan ataupun ke babinsa ketika ditemukan gejala PMK agar dilakukan penanganan. 
 
"Sehingga tidak menimbulkan penularan ke hewan ternak khususnya hewan berkuku agar tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.
 
"Selain menjalankan tugas pokok sehari-hari seluruh jajaran Babinsa ditugaskan untuk membantu melakukan pencegahan penyebaran PMK menangani bersama petugas dari Dinas kesehatan hewan serta instansi terkait lainnya, sebagai upaya pemerintah memutus penyebaran PMK.
 
“Selalu memberikan  imbauan  agar selalu melakukan pembersihan kandang dan pemberian obat2an seperti yang  dilakukan di beberapa daerah, guna mempercepat penanganan PMK,”tutupnya(Pr4as.sl)