Musim Kemarau Babinsa Ingatkan Warga Tidak Membakar Hutan Dan Lahan.

Suaralira.com,Rengat Barat -Memasuki musim kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran untuk menghindari hal tersebut Babinsa Koramil 01/rengat Kodim 0302 Inhu serka Surwaidi melaksanakan (komsos) komunikasi sosial dengan warga binaan di Kelurahan Pematang reba.(30/07/2024)
 
Dalam Komsos tersebut Babinsa menghimbau warga untuk tidak membakar hutan dan lahan yang akan digarap di Kelurahan Pematang reba kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. 
 
Upaya ini merupakan salah satu bentuk antisipasi pembakaran lahan hutan yang saat ini sering dilakukan oleh oknum masyarakat ketika membuka kebun dan lahan pertanian menganggap cara itu lebih cepat hasilnya lebih maksimal dalam bercocok tanam
 
Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh minimnya pengeluaran modal bagi para Petani, oleh sebab itu Babinsa Koramil01/Rengat melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) tentang larangan membakar hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga binaannya.
 
Pada Kesempatan itu, Serka surwaidi juga memberikan himbauan kepada masyarakat tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan.
 
"Dengan adanya sosialisasi ini harapan kami semoga warga tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar. 
 
Diharapkan agar apabila di lapangan ditemukan adanya oknum masyarakat yang berupaya melakukan pembakaran lahan agar dilakukan pencegahan atau segera dilaporkan kepada pihak terkait," ujarnya.
 
Dirinya sebagai Babinsa akan terus melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mensosialisasikan karhutla di Kelurahan Pematang reba sebab jika pencegahan ini berhasil tentu tidak perlu melakukan pemadaman.
 
"Bahkan kami juga terus mengadakan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat bisa memahami dari akibat resiko membakar hutan ataupun lahan," tutupnya. (Pr4as.sl)