Gejolak Masyarakat Menyambut Event Pacu Jalur Tradisional di Kecamatan Kuantan Mudik Sangat Meriah

Kuansing,Suaralira.com- Pembukaan Pacu Jalur Event Budaya di Kecamatan Kuantan Mudik sangat meriah dengan dibuka oleh Bupati Dr.H. Suhardiman Amby Ak,MM memberi kemeriahan yang mengguncang Desa Luai.Kamis,(1/08/24) pukul 08.30 wib.
 
Selain Bupati Kuansing Drs.H. Suhardiman Amby, turut hadir Waka II Jufrizal, jajaran Kepala Dinas, Camat dan Kabid se-Kabupaten Kuansing. Kemudian kepala desa dan seluruh tamu undangan.
 
Antusias masyarakat Desa Luai Kec.Kuantan mudik menyambut Bupati Suhardiman Amby memberi warna baru dalam Event Budaya Pacu Jalur di tahun ini.
 
Pada kesempatan tersebut Bupati Suhardiman Amby menjelaskan tujuan dari festival pacu jalur tradisional ini" untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Selain itu juga menjalin silaturahmi antar desa, dan menjaga kekompakan antar desa".
 
Lanjut Bupati Suhardiman mengatakan" bagi jalur yang berprestasi pada festival pacu jalur tradisional di Tepian H. Saidina Ali selain mendapatkan hadiah dari panitia, diri nya juga berjanji akan memberikan bonus. Yaitu untuk peraih juara  juara 1, 2 dan 3 nanti".ucap suhardiman.
 
Selain itu,tak luput dari sorotan ada Kristina Maya sari Sebagai Pembina Yayasan Putra Putri Kuansing turut hadir dalam pembukaan Pacu Jalur Tradisional di Desa Luai Kec. Lubuk Jambi.Kristina Maya Sari yang akrab di panggil Maya ini mengatakan bahwa" Pembukaan Pacu Jalur di Kecamatan Lubuk Jambi sedikit memberikan kesan yang berbeda dengan kecamatan lainnya. Dimana mereka Menampilkan seluruh kesenian dari berbagai kalangan anak anak , remaja, ibu ibu, bahkan antusias masyarakat yang besar namun tetap tertib menambah nilai nyaman dalam menyaksikan pacu jalur" ucapnya.
 
"Semoga Pacu Jalur di setiap Kecamatan Nanti nya akan memberi kesan berbeda dan khususnya memperlihatkan sedikit kesenian di desa itu agar menjadi ciri khas disetiap gelangan nantinya.
Semoga setiap tahunnya semakin baik lagi dan tidak ada accident apapun.
 
(In/sl)