Kodim 0302/Inhu Gelar Program Kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana

Suaralira.com, Rengat – Kodim 0302/Inhu sebagai Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) sebagai garda terdepan, melaksanakan sosialisasi pembinaan masyarakat tanggap bencana bertempat di gedung Kartika bakti, jumat (01-08-24)

Mengusung tema, “Bakti TNI Tanggap bencana”, Sebagai Implementasi yang diwujudkan dengan kegiatan sosialisasi pembinaan masyarakat yang dilaksanakan oleh Kodim 0302/Inhu melalui Program Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Tahun 2024.

Dandim 0302/Inhu yang diwakili oleh Kasdim 0302/Inhu  memimpin jalannya kegiatan yang digelar di gedung Kartika bakti yang bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota rengat , Damkar Kota rengat dan Dinas Sosial Kota rengat.

Dalam sambutannya Kasdim menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu wujud kepedulian TNI kepada warga masyarakat Kota rengat untuk bersama – sama menjaga lingkungan serta mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana alam.

Tidak hanya sosialisasi pembinaan masyarakat, Apkowil Kodim beserta jajaran Koramilnya juga harus mampu membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan diwilayah binaan teritorialnya.

"Selain itu juga guna untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat guna terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Pembinaan sosialisasi apabila menghadapi bencana, berkoordinasi dengan Aparatur Pemerintah (BPBD) dalam hal ini yang menangani langsung penanganan awal tanggap bencana pada saat kejadian, evakuasi korban bencana, penempatan pengungsi korban bencana.

Yang selanjutnya dalam upaya penyiapan tenda, dapur umum dan Pasca Bencana, sehingga warga masyarakat sedikit mengerti tentang tahapan tanggap bencana apabila terjadi,” terang Kasdim.

Masih kata Kasdim diharapkan peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan ini dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga sosialisasi ini dapat bermanfaat untuk diri pribadi.

Juga terhadap untuk orang banyak maupun keluarga, disamping itu kita juga harus peduli dan mempunyai rasa empati kepada lingkungan dalam rangka mengurangi risiko bencana seperti banjir.”tutup Kasdim(Prs.sl)