Selalu Ingatkan Warga Binaan Tentang PMK Pada Hewan Ternak Ini Kata Babinsa

Suaralira.com,Rengat Barat -  Babinsa Koramil 01/rengat  Kodim 0302/Inhu Ingatkan warga saat melaksanakan Komsos sekaligus pemantauan dan pengecekan kesehatan hewan ternak milik warga. 
 
Kegiatan ini merupakan langkah sebagai antisipasi penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan warga binaan. 
 
Kegiatan tersebut dilakukan Babinsa dengan menyambangi peternak hewan Sapi milik Bapak Bahar yang berlokasi di wilayah binaan Kelurahan Pematang Reba kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inhu Rabu,  (08/08/2024).
 
Babinsa Serka surwaidi juga mengingatkan dan melakukan himbauan kepada peternak hewan sapi, kambing juga kerbau untuk dapat menjaga kebersihan kandang.
 
Juga lingkungan serta peternak harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah penyakit mulut dan kuku (PMK)
 
Menurutnya dengan melakukan kegiatan tersebut guna untuk mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) dengan salah satu cara mendatangi dan melihat langsung hewan ternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan terkena terjangkit wabah PMK"Ucapnya
 
Seka surwaidi juga menghimbau kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya, serta mengantisipasi datangnya hewan ternak lain seperti kambing , kerbau dari wilayah lain.
 
“Babinsa juga mengingatkan dan menghimbau Kepada warga apabila ada tanda-tanda PMK supaya warga tidak takut untuk melaporkan ke petugas. 
 
Agar dapat segera bertindak jika didapati kesehatan hewan ternak Sapi nya dengan ciri-ciri salah satunya keluar air liur berlebihan,lepuh, luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mulut, kepada instansi terkait,”Tandasnya.(Pr4as.sl)