Dandim 0302/Inhu-Kuansing Hadiri Apel Kesiapan Pengamanan Event Nasional Pacu Jalur Tradisional Kab. Kuansing Tahun 2024

Suaralira.com,Kuansing – Event Nasional Pacu Jalur Tradisional di Kuantan Singingi Tahun 2024 dapat  berjalan tertib, aman, damai dan sukses perlu pengaman yang maksimal dan tentunya perlu sinergi TNI-Polri dan elemen masyarakat.

Hari ini dilaksanakan Apel kesiapan penganan yang langsung dipimpin oleh Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Selasa, (20/8/2024), sekira pukul 08.30 WIB.

Apel yang berlangsung di Taman Jalur Kota Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah merupakan bagian dari persiapan intensif untuk menjaga keamanan selama berlangsungnya festival tahunan yang menjadi kebanggaan masyarakat Kuansing.

Hadir pada Apel tersebut Dandim 0302/Inhu Kuansing Letkol Inf Emick Chandra Nasution, M.P.M.,Waka Polres Kuansing Kompol Robet Arizal, S.Sos,Asisten III Kabupaten Kuansing Drs. Rustam Mahmud, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing Drs. Azhar, M.M, Kepala BPBD Kabupaten Kuansing H. Yulizar, S.Sos., M.Si, Kasi Intel Kajari Kuansing Rozi Juliantono, S.H., M.H., Kalapas Kelas II B Teluk Kuantan Bejo, A.Md.IP., S.H., M.H., Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kuansing Muhjelan Arwan, S.H., M.H., Kasat Pol PP Kabupaten Kuansing Rio Kasiter Wandra, S.Sos., M.M, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuansing Hendri Wahyudi, S.E,

Dan juga dihadiri oleh Ketua Panitia Pelaksana Pacu Jalur Andi Cahyadi, Para Kabag Polres Kuansing, Para Kasat Polres Kuansing, Para Danramil/ Kodim 0302 /Inhu-Kuansing, Para Kapolsek Jajaran Polres Kuansing, Para Perwira Polres Kuansing, Personel TNI 0302 Inhu-Kuansing, Personel Polres Kuansing, Personel Sat Pol PP Kabupaten Kuansing, Personel BPBD Kabupaten Kuansing, Personel Dinas Perhubungan Kabupaten Kuansing, Pemuda Pancasila Kabupaten Kuansing, Senkom Kuansing dan Laskar Pemuda Kenegrian Taluk Kuantan.

Kapolres Kuansing sebagai pimpinan apel setelah masuki lapangan upacara ,setelah pemberian penghormatan pasukan selanjutnya melakukan pemeriksaan apel pasukan.

Dalam amanatnya Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H.,mengatakan kepada pihak yang terkait agar dapat melakukan pengaman yang maksimal dalam even jalur ini yang sekaligus dibantu oleh Stakeholder"ucapnya.

Selanjutnya ya dalam melakukan Pengamanan Event Nasional Festival Pacu Jalur Tradisional di Tepian Narosa Teluk Kuantan yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 s/d 25 Agustus 2024 yang tinggal beberapa hari lagi,”ucap Kapolres.

“Sekilas tentang Pacu Jalur lanjut Kapolres,itu dulunya Berawal Abad Ke-17, Di Mana Jalur Merupakan Alat Transportasi Utama Warga Desa Di Rantau Kuantan.

Daerah ini merupakan Daerah Di Sepanjang Sungai Kuantan Yang Terletak Antara Kecamatan Hulu Kuantan Di Bagian Hulu Hingga Kecamatan Cerenti Di Hilir,”papar Kapolres.

“Belajar dari pengalaman tentang pengamanan terdahulu kita Zero kasus dalam Pengamanan Event Nasional Festival Pacu Jalur Tradisional di Kabupaten Kuantan Singingi berlangsung.

Untuk tahun 2024 Pengamanan Event Nasional Festival Pacu Jalur Tradisional Di Kabupaten Kuantan Singingi Berhasil harus juga Xero kasus disini diperlukan kerjasama pihak pihak terkait karena ini even pacu jalur diadakan pada setiap tahun yang"pesanya.

“Ditambahkan Kapolres dari hasil informasi dari Panitia Pacu Jalur, Jalur yang Akan Ikut dalam Perlombaan Akan Mencapai 200 Jalur yang Mana Akan diikuti oleh Kabupaten Tetangga yaitu Kabupaten Indragiri Hulu dan Provinsi Sumatera Barat.

Berikan pengawasan dan pengamanan agar  Animo Masyarakat yang Menyaksikan Festival Pacu Jalur Tradisional di Tepian Narosa Akan Semakin Banyak dan Ramai dan tidak ada rasa takut atau was-was"terangnya.

“Selaku Kepala Kepolisian Resor Kuantan Singingi Menekankan Kepada Personel Polres Kuansing, Polsek Jajaran Dan Stakeholder Lainnya Untuk Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Kepada Tuhan YME

"Semoga apa yang ditugaskan terkait dengan pengamanan tersebut sebagai petugas dapat menjalankan dengan ikhlas untuk ciptakan rasa aman kita semua.

“Untuk itu maka kita semua agar bisa mempersiapkan sebelum bertugas mulai dari Kesiapan Perlengkapan Pribadi, Sarpras dan Fasilitas Penunjang Lainnya.

"Sehingga Pelaksanaan Pengamanan. dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan humanis sesuai dengan sop dengan Menerapkan Body System Guna Menjamin Keselamatan Personel agar hindari hal hal yang tidak diinginkan.

“Yang terutama adalah kita semua dapat tingkatkan Sinergisitas dan Soliditas Antar Seluruh Personel Pengamanan Maupun Stakeholder Terkait, Karena Hal Tersebut Adalah Kunci Utama Keberhasilan Pengamanan.

Di penghujung Kapolres Kuansing ucapkan terimakasih kasih atas kerjasamnya terutama bantuan dan , Dukungan dan Bantuan Rekan – Rekan Forkopimda Serta Instansi Terkait Selama ini dalam Menyatukan Tekad dan Komitmen dalam Melaksanakan Pengamanan.

Dan harapan kita bersama agar Event Nasional Festival Pacu Jalur Tradisional di Kab. Kuansing dapat terlaksana dengan baik,aman Dan sukses Dan tuas yang kita jalankan menjadi Niali Ibadah kita semua"tutup Kapolres.

Usai Apel Kesiapan pengamanan even Nasional festival pacu Jalur Tradisional di Kabupaten Kuantan si ngingi Dandim 0302/Inhu - Kuansing saat dijumpai oleh suaralira.com juga menyampaikan  bahwa Kodim 0302/Inhu - Kuansing beserta jajaranya akan bekerja sama lakukan pengamanan"katanya.

Festival pacu Jalur tradisional ini merupakan even yang setiap tahunnya diadakan,untuk itu kita akan bekerja sama dan siap melakukan dan membantu dalam mensukseskan Even Nasional festival pacu Jalur tradisuonal ini "ungkap Dandim(Pras.sl)