Babinsa Koramil 01/Rengat Ikuti Pelatihan Pemandian Jenazah di Desa Binaan

Suaralira.com, Rengat Barat – Babinsa Koramil 01/Rengat Serka Surwaidi mengikuti pelatihan pemandian jenazah yang diselenggarakan Pemerintahan Desa Sungai Dawu kecamatan Rengat Barat Kab. Indragiri Hulu, di Aula Kantor Desa Sungai Dawu, Rabu 27 Des 2023.
 
Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala KAU Kec. Rengat Barat Bpk. Yusriyanto, Camat Rengat Barat yg di wakili oleh Kasi Pemberdayaan Bpk. Zulfinanda,  Kepala Desa Sungai Dawu Achmad Isa Sekdes Desa Sungai Dawu Buser Efendi beserta Perangkat Desa Sungai Dawu BPD ,  LPMD, PKK Desa Sungai Dawu, Babinsa Serka Surwaidi.
 
Kepala Desa Sungai Dawu dalam sambutanya mengatakan, dalam melakukan pemandian jenazah, ada hal yang penting harus diperhatikan oleh masyarakat, sejumlah aturan dalam standar operasional dan prosedur (SOP) yang harus dipatuhi untuk jenazah secara adat istiadat ataupun agama.
 
“Syarat dan urutan dalam merawat jenazah dari memandikan hingga memakamkan harus sesuai dengan SOP,” ujarnya.
 
Sementara itu Bapak Ujang Nasri selaku tokoh masyarakat juga sebagai Nara sumber menyampaikan beberapa kewajiban yang harus di lakukan oleh seorang muslim ketika ada seorang muslim yang meninggal dunia, yang meliputi empat hal/perkara, Empat hal tersebut yakni memandikan, mengkafani, menshalatkan, dan menguburkan.
 
“Hal ini mesti didapatkan seorang muslim yang meninggal, siapa pun itu. Yang penting orang tersebut, selama hidupnya pernah mengucap syahadat. Perkara, dia shalat atau tidak itu urusan dia dengan Allah,” terangnya.
 
Selanjutnya, seseorang yang hendak merawat mayat minimal mesti memiliki dua syarat. Pertama, dia harus amanah. Artinya segala yang ia saksikan pada mayat, terlebih aib, ia harus tutup mulut, tidak disebarkan kepada yang lainnya. Kedua, dia harus memiliki mental yang kuat.
 
“Merawat mayat tidaklah menakutkan, sebab mayat bagaimanapun akan diam, mengikuti apa saja yang dilakukan oleh pengurus jenazah, juga harus memahami tata cara yang benar sesuai ajaran agama” ujarnya. Dan di lanjutkan dengan latihan secara praktek.
 
Babinsa Desa Sungai Dawu Serka  Surwaidi mengatakan, pelatihan ini sangatlah bermanfaat bagi dirinya sendiri dikarenakan seorang Babinsa harus bisa menjadi contoh di tengah masyarakat. Selain menguasai tugas dan tanggung jawabnya, Babinsa juga harus bisa dan mampu apabila di mintai tolong oleh warga terkait pengurusan jenazah.
 
“Saya yakin tidak sedikit Babinsa yang belum memahami tata cara pengurusan jenazah. Untuk itu, kami perlu menyimak dengan baik pelatihan ini”, tandas babinsa.(Pr4as/sl)