Dandim 0302/Inhu-Kuansing Hadiri Apel Gelar Pasukan OMP LK Dalam Pengamanan Pilkada

Suaralira.com, Rengat - Secara serentak Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 akan digelar pada November 2024 mendatang, Kepolisian Daerah (Polda) Riau termasuk Polres Indragiri Hulu (Inhu) akan melaksanakan Operasi Mandiri Kewilayahan dengan sandi Operasi Mantap Praja (OMP) Lancang Kuning (LK) tahun 2024

Pimpinan Apel Drs.H.Junaidi Rachman M.Si (Wakil Bupati Inhu), Letkol Inf. Emick Chandra Nasution, M.P.M ( Dandim 0302/Inhu - Kuansing ),AKBP. Fahrian Saleh Siregar, S.I.K., M.Si ( Kapolres Inhu )

Dalam pengamanan pilkada ini Polres Inhu bersama seluruh Steakholder lainnya akan mengedepan sinergitas dalam melakukan pengamanan sebelum, sesaat dan sesudah pencoblosan nantinya.

Sinergitas ini bukan hanya kepada pihak TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Penyelenggara Pemilu namun sinergitas yang dilakukan jauh lebih luas seperti sinergitas kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda maupun berbagai elemen dan organisasi kemasyarakatan untuk menciptakan Pilkada yang aman, damai dan sejuk

Demikian dikatakan oleh Wakil Bupati selaku Pimpinan Apel Wakil Bupati Inhu Drs H Junaidi Rachmat MSi yang didampingi Kapolres Inhu AKBP Fahrian Saleh Siregar SIk MSi dan Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Emick Chandra Nasution MPM, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kecamatan Rengat, Selasa (27/8/2024) pagi

Ditambahkanya bahwa apel gelar pasukan ini menandakan dimulainya operasi, yang mana operasi akan berlangsung selama 127 hari dimulai hari ini (Selasa,red) hingga tanggal 31 Desember 2024 dengan menurunkan 2/3 kekuatan yang ada di Polres Inhu dan ditambah kekuatan dari TNI, Satpol PP dan Linmas.

“Untuk itu lanjut wabup,mari kita jaga daerah ini dari orang-orang atau kelompok yang akan mengganggu proses pilkada ini dengan menyebar berita hoax atau berita bohong, black campaign dengan menggunakan isu-isu Suku, Agama dan Ras (SARA) serta politik identitas,”katanya.

Diingatkan juga kepada seluruh personel TNI-Polri, ASN maupun penyelengara pemilu serta steakholder lainnya untuk menjaga netralitas selama proses berlangsungnya Pilkada demi terciptanya situasi yang kondusif.

Tak lupa ia juga memberikan motivasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh personel yang nantinya akan terlibat, baik sebagai pengamanan maupun kepada penyelenggara dan semua steakholder.

Dalam hal ini yang terlibat untuk melaksanakan tugas yang mulia ini dengan penuh tanggung jawab, tanggap dan mengedepankan profesionalitas dalam setiap tahapan Pilkada"pesan Wabup.

Apel juga hadir Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rengat Lia Herawati SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Inhu Winro Tumpal Halomoan Haro Munthe SH MH, Ketua KPU yang diwakili Komisioner Mulya Santoni SE, Ketua Bawaslu yang diwakili oleh Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Salestia Deni SH MH.

Berikutnya Kasatpol PP Tukiyat SSos, Kepala KPBD Mulyadi SE, Kadisub yang diwakili oleh Kepala Bidang Lalulintas Agustian SE, Ketua (Pengurus) Partai Politik peserta Pilkada, Ketua Senkom Darmadi Budi Harjo, Para PJU Polres dan kapolsek jajaran polres inhu

Sementara untuk peserta apel gelar pasukan terdiri pleton personel Polres Inhu, Pleton Kodim 0302 Inhu, pleton Brimob Batlyon C, Pleton Dishub, Pleton Satpol PP, Pleton KPBD, Pleton Walpri.

Selanjutnya dari Pleton Gakkumdu dan Pleton Senkom serta turut digelar berbagai Kendaraan Dinas dari Satuan dan Steakholder terkait.(Pras.sl)