Kepsek SDN 69 Pekanbaru, Darsiana, S.Pd

Persiapan Akreditasi Sekolah 2024 SDN 69 Pekanbaru

Suaralira.com, Pekanbaru — Sekolah Dasar Negeri 69 Jl. Tanjung Datuk No.348, Tj. Rhu, Kec. Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Dengan Kepala Sekolah Darsiana, M.Pd kepada awak media suaralira.com Rabu, 28/08/24' disela sela kesibukannya dalam mempersiapkan Akreditasi sekolah.

Menyampaikan bahwa, "Akreditasi sekolah merupakan proses evaluasi yang penting dilakukan untuk memastikan kualitas pendidikan yang diberikan oleh sebuah lembaga pendidikan.

Menurutnya " akreditasi sekolah adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga tersebut memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. 

Proses akreditasi ini tidak hanya sekadar formalitas, tetapi dapat menjadi tolak ukur yang dapat meningkatkan mutu dan daya saing antar sekolah. 

Bagi para guru atau pihak sekolah, penting sekali untuk memahami dan mempersiapkan akreditasi dengan baik sebagai kunci sukses meraih nilai yang baik. Artikel ini akan membahas 4 hal penting yang perlu dipersiapkan untuk akreditasi sekolah sehingga sekolah dapat mencapai hasil yang optimal. 

Berdasarkan pengalaman walaupun administrasi untuk akreditasi di atas sangat banyak tapi apabila dibiasakan untuk dibuat dan dikerjakan tidak akan terasa terbebani saat akan menghadapi proses akreditasi. 

Karena administrasi tersebut merupakan administrasi kegiatan sehari-hari, bulanan maupun tahunan. Oleh karena itu siapkan dari sekarang juga sebelum proses akreditasi dimulai.

Darsiana menyampaikan bahhwa sudah menjadi kepsek sejak 13 juli 2019 hingga saat ini, dimana pada sekarang ini sedang mempersiapkan akreditasi sekolah yang sebelumnya telah dilakukan akreditasi dengan jumlah nilai 94. Semoga untuk sekarang ini untuk dapat meningkat lagi sesuai apa yang akan dipersiapkan dengan sesungguhnya.

Karena Akreditasi ini kita membutuhkan mitra dan kerjasama secara bersama sama baik sesama guru maupun sesama orangtua murid karena sekolah ini merupakan sangat perlu kerjasama juga dengan RT, RW maupun tokoh masyarakat lainnya dilingkungan sekolah untuk kebaikan bersama seperti melaksanakan goro juga dengan sesamanya. 

Dimana sekolah tetap mempersiapkan sesuai Standard ditetapkan yang tidak terlepas juga kerjasama pembimbing pembimbing dan saling berkomunikasi dengan Grub grub Akreditasi serta minta petunjuk dan saran serta kritikan sekaligus bekerjasama dengan walimurid juga warga masyarakat di lingkungan sekolah, "ujar Darsiana.

Semoga pada Akreditasi untuk September 2024 ini dapat terlaksana dengan baik, penuh sehat serta mendapat nilai terbaik dan lebih memuaskan, "tutupnya. (***)