Pendaftaran Ditutup, Berikut 4 Pasangan Cabup dan Cawabup Meranti

SuaraLira.Com, Meranti -- Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti dalam pilkada serentak tahun 2024 resmi di tutup, di tutupnya pendaftaran terhitung pada hari ketiga pendaftaran 29 Agustus 2024 pukul 23.59 Wib.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Romi Indra, MH mengatakan sampai dengan di tutupnya pendaftaran terdapat 4 pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kepulauan Meranti yang mendaftar dan diterima berkasnya dan lengkap.

Pendaftar pertama pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti yaitu Asmar dan Muzamil terdapat 4 parpol pengusul yaitu partai PKB, Demokrat, Nasdem dan Perindo dengan jumlah dukungan suara sah 34.100.

Paslon Pendaftar kedua Masrul Kasmy dan Fauzi Hasan, terdapat 4 parpol pengusul yaitu PAN, PPP, PSI dan Gelora dengan jumlah dukungan suara sah 26.906.

Pendaftar ketiga Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Basiran dan Yulian Norwis, terdapat 2 parpol pengusul Partai Gerindra dan PDI Perjuangan dengan jumlah dukungan suara sah 25.947. kemudian pendaftar keempat yaitu Mahmuzin dan Iskandar Budiman dengan 3 parpol pengusul yaitu Partai PKS, Golkar dan PBB, dengan jumlah dukungan suara sah 18.782. untuk diketahui pasca terbitnya putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60 tahun 2024, syarat pencalonan untuk Kepulauan Meranti minimal harus didukung 10 % (10.872) dari total suara sah yang mengikuti pemilu 2024 di Kepulauan Meranti, total suara sah Kepulauan Meranti 108.715.

Komisioner KPU Meranti ini juga mengatakan Setelah melaksanakan penyerahan persyaratan pendaftaran ke KPU Kepulauan Meranti, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru mulai tanggal 27 Agustus – 2 September 2024, pelaksanaan rikes sesuai dengan jadwal yang ditentukan RSUD Arifin Achmad.

"Tahapan berikutnya KPU akan melaksanakan penelitian persyaratan administrasi Bakal Pasangan Calon pada tanggal 29 Agustus - 4 September 2024," katanya.

KPU Kepulauan Meranti mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang memberikan dukungan, mensukseskan dan mengamankan penyelenggaraan tahapan Pendaftaran, diantaranya Polri, TNI, Pemerintah Kabupaten, Bawaslu Meranti partai politik dan semua pihak, sehingga proses pendaftaran berlangsung dengan lancar dan kondusif, ucap Romi.

"Mari kita kawal dan sukseskan penyelenggaraan Pilkada Kepulauan Meranti berlangsung dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, hingga pada akhirnya terpilih pemimpin yang diinginkan masyarakat banyak dan dapat mensejahterakan masyarakat," pungkasnya.(Sang/sl)