Penaburan Pupuk Kandang di Lahan Pertanian Warga Babinsa Bantu Petani

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Indragiri Hulu bersama dengan petani tanaman muda mendampingi dalam penaburan pupuk kandang di areal lahan pertanian milik warga .

Hal ini merupakan kegiatan petani  tanaman muda untuk meningkatkan kesuburan tanaman sebelum penanaman bibit yang akan di tanam.

Tahap demi tahap proses pengolahan tanah yang disiapkan pak petani mulai dari pembedengan lahan  sampai ke penanaman bibit ,pada saat aktivitas warga di lahan di Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Kamis (05/09/2024).

Babinsa Kopda SY.E. Hasibuan mengatakan, salah satu tujuan melakukan pendampingan dengan cara membantu petani memberikan pemupukan sebelum penanaman untuk memulihkan kondisi lahan tersebut supaya menjadi tambah subur dan merangsang cacing tanah semakin berkembang.

"Agar pH tanah menjadi bagus , sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kendala dan permasalahan yang dihadapi masyarakat petani tanaman muda berkaitan dengan musim kemarau ini.

“Sebagai Babinsa di Desa selalu aktif untuk petani berkaitan tentang persoalan pertanian, karena ini sudah merupakan wujud tugas kami untuk menjalin komunikasi dan untuk membantu para petani yang berada di wilayah binaan kami" Kata Kopda SY.E. Hasibuan.

Dalam kunjungan tersebut ke lahan pertanian warga di desa binaan disaat musim kemarau petani tanaman muda terkadang mendapatkan kesulitan mendapatkan kan sumber air dilahan karena paret berada disekitar lahan terkadang airnya mengalami kekeringan.

Untuk itu, petani yang lahannya jauh dari sumber air dalam mengatasi nya petani membuat suatu sumur bor didekat lahan tersebut dan klo ada paret irigasi yang masih berisi air bisa menggunakan mesin penyedot air.

Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa ini merupakan salah satu wujud pengabdian TNI AD dalam mensukseskan swasembada pangan sehingga para petani tetap terus melakukan inovasi dalam pengolahan lahan pertanian nya.

Sementara itu,kesempatan itu di wilayah tersebut petani juga
mengucapkan sangat terima kasih kepada Babinsa yang selalu setia mendampingi mereka dalam mendukung serta memberikan motivasi semangat kerja kepada para petani, seperti yang dilakukannya saat ini" tutup nya.(Pr4as.sl)