KPUD Kota Tebingtinggi Gelar Sosialisasi Kampanye Damai Pilkada 2024

Suaralira.com, Tebingtinggi -- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)Kota Tebingtinggi menggelar sosialisasi Kampanye damai kepala daerah walikota dan wakil walikota Tebingtinggi tahun 2024,pada hari Selasa (23/9/2024) bertempat di halaman kantor KPUD Jalan Rumah Sakit Umum Kota Tebingtinggi.
 
Sosialisasi tersebut turut di hadiri Pj Walikota Tebingtinggi Dr Moettaqien Hasrimi S STP MSI dan ketiga pasangan calon walikota dan wakil walikota Tebingtinggi periode 2024-2029 serta partai pengusung, partai pendukung dan para relawan dari masing masing calon tersebut.
 
Sebagaimana diketahui  bahwa pada hari sebelumnya KPUD Kota Tebingtinggi telah melakukan pengundian nomor urut  kepada ke tiga pasangan calon dan masing masing calon telah berhasil mendapatkan nomor urut yaitu Pasangan calon walikota dan Wakil Walikota Oki Doni Siregar-Riski Ramadhan Hasibuan mendapat nomor urut 1, Pasangan walikota dan Wakil Walikota Basyaruddin Nasution -Erlis Afriyanti mendapat nomor urut 2 dan Pasangan walikota dan Wakil Walikota H Iman Irdian Saragih- H Chairil Mukmin Tambunan mendapat nomor urut 3,ini lah yang akan ikut ber kontestasi untuk memperebutkan kepala daerah walikota dan wakil walikota Tebingtinggi untuk periode 2024-2029 yang akan berlangsung pada 27 November tahun 2024 tahun ini juga.
 
Ketua KPUD Kota Tebingtinggi Emil Sofyan pada kata sambutannya mengatakan trimakasih kepada ketiga pasangan calon yang berkenan hadir pada acara sosialisasi Kampanye damai hari ini dan masing masing calon sudah mendapatkan nomor urut yang nantinya akan melakukan kampanye dan di sosialisasikan ke pada masyarakat.
 
"Silahkan berkampanye sesuai dengan aturan  yang di mulai dari tanggal 25 September sampai dengan tanggal 23 November sebab Kampanye itu sudah di atur di dalam aturan PKPU nomor 13,karena kalau kampanye tidak sesuai dengan aturan PKPU,maka pihak Bawaslu akan menegur dan memberikan sangsi kepada calon tersebut"jelasnya.
 
Silahkan melakukan kampanye terbuka maupun tertutup  pada rentang waktu sekitar 60 hari,terkait tentang kampanye visi dan misi serta program yang sudah disampaikan kepada kami juga sudah kami sampaikan kepada instansi terkait,tindak lanjut dari sosialisasi hari ini kemungkinan juga akan di lakukan kembali di lain waktu ke pada para calon walikota dan wakil walikota Tebingtinggi"ujarnya.
 
Pj Walikota Tebingtinggi Dr Moettaqien Hasrimi S STP M SI ketika di konfirmasi awak Media terkait tentang ASN,Pj Walikota mengatakan bahwa ASN harus menjaga  netralitasnya,tidak boleh ikut berkampanye dan secara jelas memihak kepada salah satu calon.
 
"Saya akan melakukan tindakan tegas dan akan diberi sangsi apa bila terbukti melakukan kesalahan,walaupun mereka sebagai ASN tetap memiliki hak pilih masing masing.
 
Terkait tentang isu bahwa saat ini banyak kepala lingkungan yang ikut ikutan mengkampanyekan calon walikota dan wakil walikota serta sudah ikut mengumpulkan KTP warga,Pj Walikota mengatakan akan menindak tegas bila terbukti dan laporkan segera ke Bawaslu siapa orangnya.
 
"Saya mengharapkan kepada ke tiga pasangan calon ini agar tetap menjaga kondusifitas di dalam berkampanye, kepada masyarakat juga saya berharap ciptakan lah suasana yang sejuk dan penuh kedamaian,beda pilihan itu biasa tetapi jangan sampai merusak tatanan persaudaraan yang sudah kita bangun sejak dahulu"tegas Pj Walikota.
 
Sementara itu salah seorang Relawan dari salah satu Paslon bernama Mulianseng Saragih  mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh KPUD Kota Tebingtinggi ini cukup baik.
 
"Saya menilai kegiatan ini merupakan sebuah pembelajaran bagi masyarakat tentang bagai mana tata cara berkampanye yang baik dan benar serta ber etika,jangan berkampanye itu memojokkan dan menjelek jelekkan calon lain, tetapi sampaikanlah tentang visi dan misi serta program kerja apabila calon tersebut nantinya terpilih.
 
Ketika ditanya tentang calon mana yang di dukung dan dipilihnya, Mulianseng Saragih menjawab secara  tegas bahwa yang di pilihnya adalah calon walikota yang memiliki visi dan misi untuk perubahan dan membangun kota Tebingtinggi ke arah yang lebih baik lagi serta akan mensejahtrakan masyarakat sesuai tupoksinya"tegas Mulianseng  Saragih. (Gabe/sl)