Pengecekan Tanaman Jagung Milik Warga Babinsa Koramil 01/Rengat Datangi Petani.

Suaralira.com, Rengat  - Babinsa Koramil 01/Rengat  melaksanakan kegiatan pengecekan dengan mendampingi dan membantu petani jagung di Desa binaannya dalam perawatan tanaman jagung di kebun yang berada di Desa Sungai Baung, Kec. Rengat, Kab.Indragiri Hulu. Rabu (02/10/2024).
 
Upaya dalam melaksanakan kegiatan ini merupakan penyambung komsos sebagai bentuk peran serta Babinsa untuk mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan. 
 
Disini Babinsa  melaksanakan fungsi pendampingan dalam pengecekan perkembangan tanaman jagung, membantu langsung dan memberikan motivasi maupun saran masukan untuk meningkatkan hasil pertanian warga di Desa binaan.
 
Pak Suparno selaku pemilik kebun jagung mengungkapkan bahwa waktu yang tepat dalam pemberian pupuk pada tanaman jagung ialah dengan pemberian pupuk kandang sebelum penanaman. 
 
Dan pada usia tanaman 4 minggu petani akan memberikan pupuk organik tanaman jagung tentu juga dipertimbangkan dengan kondisi curah hujan dan kondisi kelembaban tanah.
 
Sementara menurut Babinsa Kopda SY.E. Hasibuan pemberian pupuk untuk menunjang pertumbuhan tanaman jagung sangat perlu. 
 
"Namun harus memperhatikan kondisi tanah kebun juga, agar kebutuhan pupuk dapat terserap oleh tanamanan secara maksimal.
 
“Setelah turun hujan sangat cocok untuk dilakukan pemupukan guna mendukung pertumbuhan tanaman jagung, karena dengan tanah yang cukup lembab akan lebih memaksimalkan penyerapan pupuk,” Ujar Babinsanya.
 
Ia juga menambahkan, pemberian pupuk kali pertama tidak boleh terlalu berlebihan karena mang sudah ada takaran yang diberikan secukupnya saja. 
 
"Mengingat batang jagungnya masih proses pertumbuhan.Penyemprotan pestisida anti hama daun jagung yang perlu dilakukan karena daun nya yang masih sangat muda.
 
Pendampingan Babinsa kepada para petani jagung di lahan pertanian di Desa binaan terus aktif dilakukan, kali ini dalam proses perawatan pengecekan pertumbuhan batang jagung nya. 
 
Hal ini sebagai upaya Babinsa dalam mewujudkan peningkatan hasil panen tanaman jagung di wilayahnya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar perekonomian Warga bisa menjadi lebih menjanjikan.(Pr4as.sl)