Kapolsek Rengat Barat Lakukan Sosialisasi Pilkada Damai Saat Acara Berikutan (Tunangan)

Suaralira.com , Rengat Barat - Kapolsek Rengat Barat mengunjungi warga anak talang di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, menjadi saksi acara adat "Berikutan" yang merupakan tradisi pertunangan sebelum pernikahan bagi Suku Talang Mamak tepatnya di Pengantin Pihak Perempuan.

 

Dengan kehadiran Pihak Kapolsek Rengat Barat Polres Indragiri Hulu yang disambut dengan rasa bahagia masyarakat talang mamak Desa Talang jerinjing

Kedatangan Kapolsek guna untuk menciptakan Pilkada Damai untuk itu  mengambil langkah proaktif untuk menciptakan kondisi aman menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dengan menggelar kegiatan cooling system di acara Resmi Beikutan atau lebih dikenal dengan Bertunangan.

 

Bertempat dikediaman pengantin perempuan yang sekaligus menjalankan Kegiatan cooling system berlangsung di kediaman warga setempat, pak Ega dan mak Sumi oleh Kapolsek Rengat Barat, AKP Buha Siahaan SH, serta sejumlah Kanit Polsek dan masyarakat, Sabtu (5/10/2024) kemarin.

 

Sambutan Kapolsek Rengat Barat Dalam acara tersebut menyampaikan kepada masyarakat betapa pentingnya  kehadiran Polri dalam aktivitas masyarakat sebagai representasi negara yang menjamin keamanan"ujar Pak Buha.

Buha juga mengatakan kepada pihak keluarga mengucapkan selamat atas pertunangan yang berlangsung, serta juga di sampaikan tentang himbauanya agar masyarakat untuk menjaga situasi Kamtibmas menjelang Pilkada serentak yang akan digelar (27 /11/2024)

 

Dalam himbauan itu Buha mengatakan,masyarakat boleh beda pilihan itu wajar, akan terapi yang harus dijaga adalah kerjasama dan Damai "terang Kapolsek AKP Buha Siahaan, Minggu (6/10/2024) di Pematang Reba siang.

 

Selanjutnya kata Buha juga diingatkan didepan masyarakat pada acara itu agar masyarakat harus cerdas masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial, terutama saat kampanye.

Kenapa harus hal tersebut dihindari agar supaya penyebaran berita tidak benar yang dapat memicu ketegangan dan perpecahan di antara kita "pesan Buha.

 

Tidak hanya itu kedatangan Kapolsek beserta jajaranya tidak hanya silaturahmi dengan masyarakat talang mamak akan tetapi juga dengan  Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Kerja Daerah (PKD) setempat.

Guna untuk mempererat kerjasama dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat, serta memberikan perlindungan dan pelayanan yang secara optimal.

 

Usia dan di akhir acara tersebut Di akhir acara disampaikan agar seluruh masyarakat dapat bersinergi menjaga keamanan dan menciptakan Pilkada serentak yang damai, aman, dan sejuk."tandasnya.

Sementara ketua PPS talang jerinjing Dusun I.jumari juga menyampaikan untuk menghimbau masyarakat talang mamak agar untuk meningkatkan partisipasi untuk datangi Tps agar bisa menggunakan hak pilihnya"ujarnya.

Sementara saat dijumpai PKD Toro, kepada suaralira.com juga menyampaikan agar masyarakat selalu mendukung apa yang dikatakan Kapolsek"ujarnya.(Prs.sl)