Maksimalkan Pengecekan Hewan Ternak Sapi Agar perkembangannya semakin Baik Dan Sehat.

Suaralira.com,Rengat Barat - Memasuki Hari raya Idul adha. Babinsa Kelurahan Pematang Reba Serka Surwaidi melaksanakan silaturahmi ke pada warga binaan yang memiliki ternak terutama sapi. 
 
Idul adha identik dengan Qurban lebaran Haji untuk itu Babinsa tidak bosannya untuk mengingatkan warga Dalam upaya mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, 
 
Cegah adanya penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Babinsa melaksanakan pengecekan sejumlah ternak sapi milik warga binaannya di Desa, Selasa (28/05/2024).
 
Disela sela kunjungan tersebut dipantau oleh Babinsa menyampaikan kepada warga Binaannya untuk rajin mengecek hewan ternaknya dengan mengenali ciri-ciri terjangkitnya wabah PMK.
 
Babinsa juga menyampaikan kepada pemilik hewan ternak sapi tersebut bahwa PMK sendiri merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus Umumnya penyakit ini menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing.
 
Lebih lanjut Babinsa  menerangkan ke warga, Secara umum, PMK juga dapat menimbulkan beberapa gejala klinis, di mana terlihat sepintas seperti biasa namun hal ini merupakan suatu gejala yang di timbulkan oleh Apthovirus seperti terjadinya kepincangan. 
 
"Selain itu juga timbul air liur berlebih atau berbusa, terjadi lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, hewan terlihat lemah bahkan hewan akan sering berbaring,” kata Babinsa
 
Untu itu dalam menghadapi hari raya Qurban Babinsa tidak henti-hentinya mengingatkan ke warga binaannya supaya tidak menimbulkan kerugian pada peternak sapi. 
 
salah satu cara mengganti sipasi penyebaran penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yaitu dengan selalu melaksanakan pengecekan rutin terhadap hewan sapi ternaknya.
 
Hal ini adalah salah satu upaya  untuk pencegahan dini penyebaran wabah PMK yang sewaktu-waktu bisa mengancam kesehatan sapi ternak.
 
“Pengecekan ini dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi hewan seperti kondisi yang terjadi pada mulut, hidung, rahang dan kuku pada sapi ternak. 
 
Apabila ditemukan mulut sapi dalam keadaan luka, agak membusuk ataupun di rongga hidung terdapat luka seperti bernanah, ditambah lagi kuku kaki yang copot, maka hal itu merupakan indikasi sapi ternak terkena wabah PMK segera laporkan  kepada pihak terkait"terang Babinsa.
 
Upaya antisipasi dan pencegahan terhadap penyebaran wabah PMK, ia juga  menyarankan agar Para peternak memberikan takaran makanan dengan gizi yang seimbang. 
 
Agar selalu memperhatikan kebersihan kandang, memandikan sapi ternak secara berkala dan memberikan suntikan vitamin pada sapi ternak.
 
“Semaksimal mungkin kita lakukan pencegahan terhadap penyebaran wabah PMK pada sapi ternak, agar dapat berkembang dan tumbuh dengan baik serta sehat yang nantinya mampu memenuhi permintaan hewan sapi saat Hari Raya Qurban,” tutup Babinsa.(Pr4as.sl)