Kebersihan Kandang, Pakan, Babinsa Juga Selalu Ingatkan Peternak Akan Wabah PMK

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Sertu Togu JN melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) serta memantau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi milik bapak Danu warga Desa Rawa Sekip Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu-Riau. Rabu (16/10/2024).
 
"Walaupun bahaya PMK sudah kecil kemungkinan kembali, namun Pendampingan dan pemantauan yang kami lakukan, bertujuan untuk mengingatkan kepada peternak serta mengetahui kesehatan hewan ternak itu sendiri. 
 
"Sekaligus sebagai bentuk langkah pengawasan terhadap hewan ternak khususnya hewan sapi, dari ancaman wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang bisa saja sewaktu-waktu muncul kembali". Ujar Sertu Togu JN.
 
Agar dapat menghindari dan mencegah terjadinya Virus PMK pada hewan ternak sapi, salah satunya adalah dengan cara memperhatikan kebersihan baik kandang maupun pakan sapi itu sendiri. 
 
"Inilah bentuk upaya yang dilakukan Babinsa Sertu Togu JN agar dapat melihat langsung ke kandang sapi milik bapak Danu yang mana bertujuan mengingatkan dan mewaspadai kembali timbulnya wabah Virus PMK.
 
"Tentunya, jangan ambil resiko apabila terjadi perubahan pada ternak (sapi) seperti tidak nafsu makan atau menunjukan gejala yang mengarah pada ciri-ciri PMK. 
 
"Segera laporkan pada dinas kesehatan hewan supaya mendapat penanganan yang tepat". tutup Sertu Togu JN.(Pr4as.sl)