Tangani Banjir, Bupati Sinjai Lakukan Study Komperatif ke Semarang


Dibaca: 1952 kali 
Selasa,27 Agustus 2019 - 19:27:22 WIB
Tangani Banjir, Bupati Sinjai Lakukan Study Komperatif ke Semarang
Sinjai (Sulsel), Suaralira.com -- Penanganan genangan air dan banjir di sejumlah titik dalam Kota Sinjai ketika hujan turun, di sikapi serius Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa. Hal ini terbukti dengan melakukan kunjungan kerja (Study Komperatif) ke Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah,  Selasa (27/08/19). 
 
Rombongan Pemkab Sinjai yang terdiri dari Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar, unsur Forkopimda, Kadis Parbud Sinjai, Haerani Dahlan, Plt Kadis Kominfo dan Persandian, Irwan Suaib, Kepala BPBD Sinjai Drs Budiaman, Sekretaris PUPR Nasaruddin Taha, Sekretaris Bappeda Abral Awali, Plt Camat Sinjai Utara A. Jefrianto Asapa, diterima di Gedung Moh Ihsan Lantai 8 Kantor Walikota Semarang. 
 
Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, mengatakan, pemilihan kota Semarang, menurut Bupati Sinjai karena kota ini dianggap cukup berhasil menanggulangi bencana banjir di daerahnya.
 
"Setelah kita diskusi dan rembuk bersama pihak terkait termasuk Forkopimda, kota  Semarang dan Sinjai memiliki kondisi alam yang sama dengan seringnya terjadi air Rob (pasang air laut).
 
Meski tidak berskala besar, namun genangan dan banjir di Sinjai, ungkapnya tetap menimbulkan kerugian di masyarakat sehingga sebagai kepala daerah, ia mengaku bertanggung jawab dan menginginkan reaksi cepat dalam menangani masalah tersebut.
 
Apalagi sesuai data dari BPBD, jika kondisi tanah di sekitar Lapangan Sinjai Bersatu ke RSUD Sinjai mirip cekungan. Bahkan kedalaman tanah  didaerah itu sekitar 50-70 cm diatas permukaan laut.
 
"Kejadian ini sudah menjadi langganan setiap tahun pada saat musim hujan sehingga perlu dicarikan solusi yg tepat untuk mengatasinya,”sambungnya.
 
Andi Seto berharap apa yang dilakukan Pemkot Semarang dalam mengatasi banjir di wilayahnya juga dapat diterapkan di Bumi Panrita Kitta, seperti pembangunan bendungan, waduk dan kolam retensi. 
 
Pembangunan tersebut kedepan juga diharapkan tidak hanya sebatas untuk mengatasi banjir saja tapi juga bermanfaat di sektor pertanian dan pariwisata. 
 
"Ini juga bisa kita manfaatkan sebagai sumber air untuk pengairan lahan pertanian dan sebagai obyek wisata yang dapat meningkatkan PAD kita," jelasnya. 
 
Sementara itu, Wakil Wali kota Semarang Ir Hj Hevearita Gunaryanti menyambut baik kunjungan Bupati bersama rombongan. Ia bahkan menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sinjai yang telah bersedia berbagi ilmu terkait penanganan banjir yang menjadi prioritas visi misi Pemkot Semarang. 
 
"Semoga bisa menjadi acuan, ini juga menjadi salah satu sinergi yang luar biasa, bagaimana pembangunan itu menjadi prioritas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya. 
 
Terpisah, Kepala BPBD Sinjai Drs Budiaman, menuturkan, kunjungan ini adalah cerminan tekad Bupati untuk mengatasi permasalahan genangan air dan banjir di Sinjai.***(Rasyid/sl)

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :