Seri GP Republik Ceko Jadi Milik Pebalap Inggris

SERI GP Republik Ceko menjadi milik pebalap-pebalap Inggris. Selain Cal Cruthlow yang mematahkan penantian 35 tahun, dia dua kelas lain rider Inggris juga tampil oke.
 
Cal Crutchlow membuat kejutan besar saat menjuarai MotoGP Republik Ceko. Meski di awal balapan sempat terpuruk ke luar 10 besar, berkat pertaruhan dalam pemilihan ban dia bisa bangkit di separuh terakhir balapan dan perlahan-lahan naik hingga akhirnya finis tujuh detik lebih di depan Valentino Rossi yang jadi runner up.
 
Ini merupakan kemenangan pertama Crutchlow sejak dia turun di MotoGP pada 2011 lalu. Pebalap asal berusia 30 tahun itu juga membuat sejarah baru dengan menjadi pebalap Inggris pertama yang memenangi kelas rajanya balapan motor dalam 35 tahun terakhir. Rider Inggris terakhir yang berjaya di kelas tersebut adalah Barry Sheene pada tahun 1981 di Swedia.
 
Keberhasilan Cruthlow menjejak podium teratas di kelas MotoGP melanjutkan hasil bagus yang didapat pebalap Inggris di kelas lain. Pada kelas Moto3 John McPhee juga jadi juara, sementara di kelas Moto2 Sam Lowes finis di podium terakhir.
 
"Saya pikir Sam sudah mengatakan pada saya dia belum pernah menuntaskan balapan basah dalam enam tahun - dia mungkin mengalami crash dan kembali ke lintasan. Tapi dia mengalami crash di setiap balapan basah dalam enam tahun terakhir jadi apa yang dia lakukan sekarang adalah pekerjaan yang bagus. Ini hari yang luar biasa untuk pebalap Inggris," ucap Cruthlow usai balapan seperti dikutip dari Crash.
 
"Sudah 35 tahun sejak Barry Sheene memenangi seri Grand Prix dan bisa disebut-sebut bersama dengannya adalah hal yang sangat menyenangkan dan ini momen yang tepat untuk para pendukung di Silverstone," lanjut dia merujuk pada seri selanjutnya yang dilangsungkan di Inggris. (dt/sl)