Opening Ceremony, Satukan Budaya dan Lingkungan

BANDUNG, SUARALIRA.com - PB PON menjanjikan suguhan yang menarik pada opening ceremony PON 2016 mendatang. Akan ada beberapa elemen kejutan yang disiapkan untuk para pengunjung dan tamu yang datang.
 
Pekan Olahraga Nasional 2016 akan secara resmi dibuka pada Sabtu (17/09/2016) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengungkapkan tema upacara pembukaan nanti mengambil tema kebudayaan dengan nama 'Gurilaps Opening Ceremony'. 
 
"Nama itu terdiri dari gunung, rimba, lautan, pantai dan sungai jadi Gurilaps, itu yang akan kita tampilkan nanti," tutur Aher kepada wartawan usai melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan PON di Stadion GBLA, Rabu (14/09/2016). 
 
Menurutnya konsep tersebut akan menampilkan sisi budaya Jawa Barat yang dikolaborasikan dengan kelestarian lingkungan, dan dipadukan oleh teknologi yang disediakan oleh PB PON Jabar.
 
"Ada budaya dan konsep pelestarian lingkungan sebagai bentuk cinta kepada alam yang akan kita tunjukann semuanya dipadukan dengan teknologi canggih," jelasnya. 
 
Dirinya tidak ingin pembukaan nanti berjalan biasa saja. Meski dalam suasana sederhana dia mengklaim upacara pembukaan akan tetap punya kesan mewah.
 
"Artinya kita ingin yang terbaik, yang jelas lebih sederhana dari pembukaan PON Riau waktu itu, Insya Allah akan memukau para tamu undangan," kata dia.
 
Ada 27 ribu undangan yang akan hadir dalam upacara pembukaan nanti. Jumlah tersebut terdiri dari tamu VIP, VVIP dan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi stadion. 
 
"Khusus masyarakat ada 2.300 tiket undangan yang akan kita siapkan. Kita ingin masyarakat yang ada disini jadi saksi pertama untuk pembukaan PON nanti," tuturnya. 
 
Gladi bersih untuk upacara pembukaan akan dilaksanakan pada hari Kamis 15 September 2016 besok, pukul 19.00 WIB, Aher akan hadir dalam kegiatan malam besok. (dtc/sl)