Pohon kurma yang berada di pelataran halaman Mesjid Agung Al Barkah sedang tumbuh berbuah

Unik, Setiap Ramadan Buah Kurma di Mesjid Agung Tumbuh

BEKASI (suaralira.com) - Siapa yang tidak tahu Mesjid Agung Al Barkah. Bagi masyarakat Kota Bekasi dan sekitarnya, Mesjid Agung Al Barkah adalah ikon kota patriot yang memiliki keunikan dari mesjid lainnya.

 

Keunikan dari mesjid yang berada di jalan veteran, Bekasi Selatan, Kota Bekasi ini adalah memiliki pohon kurma di pelataran halamannya. Setiap memasuki bulan suci ramadan, pohon kurma tersebut tumbuh berbuah.

 

Kejadian yang terjadi setiap bulan suci ramadan ini, menjadi magnet bagi para pelancong untuk sekedar melihat sambil ngabuburit. Terlebih, ada yang mempercayai bahwa buah kurma yang tumbuh tersebut, dapat memberikan keturunan bagi perempuan yang sudah menikah dengan mudah.

 

Ketua DKM Mesjid Agung Al Barkah, Drs. H. Abdul Hadie mengatakan, cerita dari masyarakat bahwa buah kurma yang tumbuh disini dapat mengobati segala macam penyakit, hanya sebuah cerita dari mulut ke mulut saja.

 

"Terkait kurma yang ada dihalaman mesjid ini selalu dinilai masyarakat bisa mengobati berbagai penyakit, tapi menurut saya itu hanya sebuah kebetulan, kurma memang banyak khasiatnya lagian juga ini bulan puasa, bulan yang penuh keberkahan. Bisa saja keberkahan kurma mampu mengobati berbagai penyakit tepatnya kepada wanita yang tidak bisa memiliki keturunan," tukasnya.

 

Ia menuturkan, pohon kurma yang berada dipelataran halaman mesjid berjumlah 14 pohon dan ditanam sejak tahun 2005 lalu. Namun, dari 14 pohon hanya empat yang tumbuh dan dapat berbuah pada tahun 2010 lalu.

 

Meskipun buah kurma yang tumbuh di mesjid tersebut dapat menyembuhkan penyakit dan sudah terbukti dari masyarakat yang memakannya. Ia menegaskan, agar masyarakat Kota Bekasi dan sekitarnya untuk selalu berharap dan meminta kesembuhan kepada Allah sang pemilik semesta.

 

"Awalnya saya tidak tahu saat menanam pohon ini, dan saya bersama pengurus juga bingung karena kurma tersebut akan tumbuh seperti apa. Setelah tahun 2010 kurma ini tumbuh dan kata masyarakat sekitar Bekasi bisa membawakan kesembuhan dari berbagai penyakit, tidak sedikit banyak yang sudah membuktikannya, alhamdulilah sekali pohon yang saya tanam bersama pengurus ini memberikan manfaat kepada masyarakat," tukasnya.

 

"Terkadang ada masyarakat dari luar kota kesini hanya ingin mencari buah tersebut untuk pengobatan, dan saya kasih. Itu semua semata-mata karena Allah," tambah dia.

 

(oto/sl)