Karhutla di Gunung Merbabu, Pemadaman Api Penuh Tantangan

SEMARANG, suaralira.com - Kebakaran hebat yang melanda hutan dan lahan di kawasan Gunung Merbabu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, masih belum bisa dikendalikan. Petugas gabungan harus berjibaku dengan beratnya medan serta embusan angin kencang.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto mengatakan, amukan si jago merah berkobar di daerah sisi barat, tepatnya area Getasan, Kabupaten Semarang. Belum lama ini, kebakaran juga melanda kawasan Gunung Merbabu di wilayah Ampel, Boyolali. 
 
“Api hingga saat ini belum mampu dipadamkan. Angin cukup kencang, sehingga memudahkan semak belukar kering untuk terlalap si merah. Belum lagi faktor jauh serta terjalnya lokasi kebakaran,” kata Heru, Senin (15/10/2018).
 
Menurutnya, perlu waktu dua jam perjalanan ke lokasi sumber api. Selain itu, armada pemadam kebakaran juga tidak bisa mencapai lokasi kejadian sehingga proses pemadaman hanya bisa dilakukan secara manual.
 
“Kita peralatan seadanya termasuk sabit dan sebagainya agar rantai api tak meluas," tegas Heru.
 
Pemadaman itu melibatkan sedikitnya 80 personel gabungan dari TNI, Polri, relawan, dan elemen masyarakat lainnya. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, proses pemadaman sementara dihentikan, dan akan dilanjutkan kembali esok pagi. (OZ/SL)